Serius Tangani Masalah Stunting, Dinas Kesehatan Pamekasan Gelar Rapat Advokasi Lintas Sektoral

Foto: Dinas Kesehatan Pamekasan saat Mengelar Rapat Advokasi Lintas Sektoral
391
ad

MEMOonline.co.id, Pamekasan -  Untuk menseriusi penanganan masalah Stunting, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pamekasan mengadakan rapat sosialisasi Lintas Sektor dan Program di Gedung PKPRRI Jl. Kemuning, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin (24/6/2019).

Acara yang dipimpin langsung oleh Plt. Kadinkes Pamekasan, Dr. Farid Anwar M. Kes, mengambil tema Advokasi Untuk Mendorong Kebijakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan menhadirkan narasumber dari Dinkes Kabupaten, Dinkes Provinsi Jatim, Bappeda Provinsi Jatim dan dari Word Bank.

Plt. Kadinkes Pamekasan, Dr. Farid Anwar melalui Kasi Promosi Kesehatan (Promkes) Rizki Syamlan mengatakan bahwa, pertemuan lintas sektor dan program Advokasi PHBS ini dalam rangka untuk menurunkan Stunting di Kabupaten Pamekasan.

"Tujuannya dari acara ini yaitu, adanya komitmen dari pemangku kebijakan dalam rangka mengatasi masalah kesehatan utamanya penurunan Stunting di Kabupaten Pamekasan," terangnya. 

Menurut dia, selain bertujuan untuk penurunan Stunting, dirinya berharap untuk selanjutnya ada koordinasi dan komunikasi antar Instansi terkait dengan baik dan berkelanjutan, selain itu ada dukungan kebijakan dan regulasi terkait penurunan Stunting.

"Untuk kondisi Stunting di Kabupaten Pamekasan adalah 44,1% yaitu posisi nomor 2 dari 38 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur," ungkapnya.

Rizki Syamlan melanjutkan bahwa, untuk pencegahan Stunting itu sendiri yaitu dengan cara melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh semua masyarakat.

"Jadi untuk PHBS seharusnya dilakukan oleh semua masyarakat, karena dari 10 Indikator PHBS ada 7 Indikator yang bisa mencegah dan menurunkan angka Stunting, diantaranya yaitu, persalinan yang dilakukan di fasilitas kesehatan, pemberian Asi ekslusif pada bayi, rajin menimbang bayi di Posyandu, cuci tangan pakai sabun dengan menggunakan air bersih yang mengalir, menggunakan jamban sehat dan makan buah dan sayur setiap hari," pungkasnya. (M. Halili)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang - Gusdurian Peduli sebagai lembaga filantropi besutanJaringan Gusdurian...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Sejak tahun 2018 PT Garam (Persero) men-declare pindah kantor ke Sumenep. Namun, kembalinya perusahaan negara (BUMN) itu...

MEMOonline.co.id, Pali – Sampai saat ini, uang transport guru yang sejatinya diperuntukkan untuk menunjang kinerja para guru honorer di Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Sampang  - Penetapan dari Bakal Calon Kades ke Calon Kades secara serentak di Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Sebanyak 756 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi...

Komentar