Gebyar Adminduk dan Inovasi Pelayanan: Mewujudkan Kebahagiaan Warga Kabupaten Bogor

Foto: Kadisduk Kabupaten Bogor
1064
ad

MEMOonline.co.id, Bogor- Berdasarkan data konsolidasi bersih Kemendagri, jumlah penduduk Kabupaten Bogor pada semester II Tahun 2023 tercatat sebanyak 5.558.885 orang dengan komposisi penduduk laki-laki sebanyak 2.846.258 orang (51,2%) dan penduduk perempuan sebanyak 2.712.627 orang (48,8%). Hingga April 2024, perekaman KTP-el penduduk Kabupaten Bogor telah mencapai 100% dengan jumlah pemilik KTP-el sebesar 99,99% dari total wajib KTP-el sebanyak 3.984.816 orang. Sementara itu, jumlah anak usia 0 hingga 18 tahun tercatat sebanyak 1.661.670 orang, dengan persentase kepemilikan akta kelahiran sebesar 91,277%.

Berikut adalah beberapa kegiatan dan layanan kolaboratif yang dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan:

Gebyar Adminduk Kabupaten Bogor Tahun 2024

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor kembali menggelar Gebyar Administrasi Kependudukan (Adminduk) tahun 2024 sekaligus melaksanakan sosialisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Bogor. Selain itu, kegiatan ini menargetkan peningkatan kepemilikan IKD hingga 30% pada tahun ini.

Gebyar Adminduk merupakan pelayanan berskala besar, serentak, terpadu, dan terintegrasi dengan sistem one day service, yang melayani 1.200 hingga 2.000 pemohon dalam satu hari. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Laga Satria, Pakansari Cibinong.

Kabupaten Bogor Terbaik dalam Perekaman DP4 se-Jawa Barat

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor mendapatkan penghargaan Terbaik II dalam kategori Kabupaten Penduduk Besar Tingkat Daerah Provinsi Jawa Barat. Penghargaan ini disampaikan dalam Forum Perangkat Daerah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Barat yang dilaksanakan di Kota Bandung.

Pencapaian ini diraih melalui program-program rutin yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor dalam mendukung pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Beragam inovasi dilaksanakan di tingkat Kecamatan, Unit Pelaksana Teknis (UPT), dan Dinas secara rutin setiap hari dan akhir pekan.

DISDUKCAPIL Kabupaten Bogor Punya "PELUK JIMAT"

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bogor terus meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan untuk membahagiakan masyarakat, salah satunya melalui inovasi "PELUK JIMAT" (Pelayanan Kependudukan Jumat Manfaat). Inovasi ini merupakan pelayanan administrasi kependudukan yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat pada pekan pertama dan ketiga setiap bulan.

Tidak seperti hari biasanya, PELUK JIMAT melaksanakan pelayanan hingga pukul 9 malam. Inovasi ini ditujukan untuk mengakomodir pemohon yang memiliki hambatan kehadiran pada pelayanan reguler. Diharapkan melalui PELUK JIMAT, masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan administrasi kependudukan dan meningkatkan kepemilikan dokumen kependudukan.

Penulis     :   Yunarson

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang- Agus Siswanto Plt. Kepala Dinas PU-TR Kabupaten Lumajang, memiliki kebiasaan tak seperti halnya pejabat/kepala dinas di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Demi terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya dalam bidang pelayanan kesehatan, RSUD dr. H. Moh....

MEMOonline.co.id, Sumenep- Tuntasnya pembahasan KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran Plafon Perioritas Anggaran Sementara) untuk Perubahan APBD 2024...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Sebelum purna tugas, Panitia Khusus (Pansus) III DPRD Kabupaten Sumenep telah sukses menyelesaikan pembahasan terhadap...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Fenomena tidak adanya sekolah di Pulau Gililabak mendapat sorotan dari anggota DPRD Kabupaten Sumenep, Jawa Timur....

Komentar