Semarak Bulan Bung Karno, Pemkab Sumenep Sebut 5 Poin Tujuan Parade Musik Tong-tong Digelar

Foto: 2 Dari Ketujuh Grup Musik Dalam Parade Musik Tong-tong Vol 2 Tahun 2024 di Sumenep, Senin. (10/06/2024) malam.
1078
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ribuan pasang mata terpukau oleh penampilan memukau dari tujuh grup musik tong-tong tradisional dalam Parade Musik Tong-tong ke-2 Tahun 2024 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, pada Senin malam (10/06/2024).

Parade Musik Tong-tong Vol 2 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumenep dan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep, disambut antusias oleh masyarakat setempat serta penonton dari luar Kabupaten Sumenep.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Arif Susanto, menyatakan bahwa Parade Musik Tong-tong Vol 2 Tahun 2024 di Sumenep memiliki lima tujuan yang menjadikannya bagian penting dari acara pemerintah setempat dalam memperingati Bulan Bung Karno pada bulan Juni.

"Kegiatan ini dalam rangka memperingati Bulan Juni Bulan Bung Karno, itu yang pertama. Lalu yang kedua adalah melaksanakan dan melestarikan kesenian tradisional di Sumenep, khususnya musik tong-tong di Sumenep," ucap Arif Susanto, Senin malam (10/06/2024).

Selain dua tujuan tersebut, Arif juga menambahkan bahwa parade ini merupakan langkah optimis Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam mempromosikan destinasi pariwisata serta produk pariwisata di Sumenep dan mendorong peningkatan angka pariwisata.

"Yang lebih penting lagi yaitu untuk menggerakkan dan mendorong peningkatan UMKM masyarakat," lanjut Arif.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Bupati Sumenep, Hj. Dewi Khalifah, yang menyatakan bahwa keramaian dan kumpulan orang banyak akan menghidupkan nilai ekonomi produktif dan kreatif di daerah tersebut.

"Semoga sama-sama sehat orangnya, sehat juga dompetnya," ucap Wabup Sumenep.

Parade Musik Tong-tong Vol 2 ini juga dihadiri oleh Bupati Sumenep Ahmad Fauzi Wongsojudo melalui Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah, anggota DPRD Sumenep, Forkopimda Sumenep, Kepala OPD se-Kabupaten Sumenep, dan Camat se-Kabupaten Sumenep.

Sementara itu, tujuh grup musik tong-tong yang berpartisipasi dalam Parade Musik Tong-tong Vol 2 Tahun 2024 di Sumenep adalah Angin Ribut, Telaga Biru, Lanceng Spektra, Tinkerbell, Peccot Ngamok, Nawasena, dan Lendhu Sagara.

Parade ini tidak hanya memperkaya budaya tetapi juga mempererat kebersamaan masyarakat Kabupaten Sumenep.

Penulis     :   Elok Andriani

Editor        :   Udiens

Publisher  :  Syafika Auliyak

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Dr. H. Achmad Fauzi Wongsojudo, SH, MH menghadiri Gala Dinner bersama kader Pergerakan Mahasiswa Islam...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, menerima penghargaan dari Gubernur Jawa Timur atas dukungan sinergi dan...

MEMOonline.co.id, Jember- Tidak ada tulang Jasad Manusia ataupun bekas pernah terjadi pemakaman di areal yang diduga sebagai makam Pahlawan 45...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) PCNU Sumenep akan kembali menyelenggarakan Festival Sapparan Budaya....

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, kembali meraih penghargaan dalam ajang "Satu Inspirasi" yang digelar oleh B...

Komentar