Korupsi Dana Desa, Kejari Bangkalan Tahan Camat dan Kades

Foto : Kejari saat melakukan penahanan pada Kades dan Camat di Tanjung Bumi
1416
ad

MEMOonline.co.id. Bangkalan - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangkalan menahan Kepala desa dan Camat yang ada di Kabupaten Bangkalan, petang ini, Selasa (28/6). Diduga, dua orang tersebut melakukan penyalahgunaan dana desa tahun anggaran 2021.

Dua orang tersebut yakni Kepala Desa Tanjung Bumi berinisial MR dan Camat Tanjung Bumi berinisial AA. Keduanya diduga melakukan korupsi dalam pengerjaan pengaspalan di tempat tersebut.

Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejari Bangkalan, Dedi Frangky mengatakan dua orang tersebut semula dipanggil sebagai saksi. Namun, karena memenuhi unsur penyalahgunaan wewenang, keduanya ditetapkan sebagai tersangka.

Ia mengatakan, keduanya diduga terlibat penyalahgunaan anggaran dalam realisasi tujuh proyek pengaspalan. Diantaranya, tidak sesuainya pengerjaan dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) serta kurangnya volume material dalam pengerjaan.

"Sedangkan untuk camatnya disini tidak melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap penyalahgunaan tersebut, sehingga ada banyak kesalahan dalam pengerjaan termasuk kelebihan pembayaran," jelasnya.

Tak hanya itu, dari tujuh titik pengaspalan itu, terdapat tiga titik yang dikerjakan di tahun 2022. Bahkan, pengerjaan yang melewati tahun anggaran itu dilakukan tanpa adanya musyawarah bersama masyarakat setempat.

"Dari tujuh titik itu, empat dikerjakan di tahun 2021 dan sisanya di tahun 2022. Sedangkan anggaran yang digunakan yaitu tahun 2021. Sehingga ini juga sudah menyalahi aturan. Akibatnya, negara mengalami kerugian sekitar Rp 300 juta," imbuhnya.

Kini keduanya dibawa ke Rumah Tahanan (Rutan) Kejati Surabaya. Pihak Kejari Bangkalan juga akan melakukan pendalaman kasus tersebut.

Penulis      :    Julian

Editor        :   Udiens

Publisher  :   Satrio Pininggit

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Sumenep - DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar sidang paripurna Istimewa, Selasa (16/8/2022)....

MEMOonline.co.id. Bekasi - Jika pemerintah tidak menindak tegas dan tidak memberikan sanksi hukum yang berat kepada perusahaan...

MEMOonline.co.id. Lumajang - Upaya Satresnarkoba Polres Lumajang Jawa Timur dalam menekan peredaran sabu, bukan sekedar...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Dalam rangka mewujudkan kepeduliannya pada petani, Pemerintah Kabupaten Sumenep,...

MEMOonline.co.id. Sampang - Bupati Sampang H Slamet Junaidi bersama Wabup Sampang H. Abdullah Hidayat bersama...

Komentar