Kunjungi UTM, Sandiaga Ajak Civitas Akademika Kembangkan Wisata Halal

Foto : Menparekraf, Sandiaga Uno.
503
ad

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno di Bangkalan berlanjut. Usai menghadiri festival kuliner 1001 bebek tadi malam, ia juga mengunjungi Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Dalam kunjungannya tersebut, ia memaparkan perkembangan ekonomi kreatif yang ada saat ini cukup pesat. Menurutnya, banyak ide - ide dan semangat baru yang seharusnya bisa muncul dari akademisi.

"Melalui universitas bisa langsung menyentuh kalangan muda dan bisa menggunakan pendekatan - pendekatan yang lebih mudah," jelasnya,Jumat (1/4).

Selain itu, wilayah Madura termasuk Bangkalan yang kental akan nilai - nilai budaya dan agama Islamnya bisa menjadi magnet baru untuk wisatawan. Pengembangan wisata halal perlu dilakukan agar sektor ekonomi dan kearifan lokal dapat berjalan berdampingan.

"Disini banyak potensi wisata. Mulai dari ragam kuliner, wisata alam hingga religi. Belum lagi wisata batik tulis dan ada banyak hal lainnya. Itu bisa dikembangkan dikemas dalam wisata halal,"tuturnya.

Menurutnya, populasi umat muslim didunia setiao tahunnya bertambah. Hal itu bisa menjadi peluang bagi masyarakat Bangkalan untuk mengembangkan wisata halal, tak hanya religi namun kuliner, alam dan lainnya.

"Sehingga ketika berkunjung ke Bangkalan, wisatawan sudah tidak bingung dengan ketersediaan makanan halal, penginapan syariah, fasilitas publik halal dan sebagainya," imbuhnya.

Ia juga mengajak UTM dan Pemkab Bangkalan untuk menyusun kebijakan untuk mendukung pengembangan wisata halal.

"Sedangkan dari kami, akan mendukung dengan menghadirkan event - event serta mengajak komunitas untuk mempromosikan wisata yang ada di Bangkalan sehingga bisa menarik kunjungan wisatawan," pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UTM, Muh Syarif menuturkan pihaknya telah memiliki laboratorium sertifikasi halal. Hal itu bisa digunakan untuk mengembangkan produk halal yang ada di Bangkalan. Sekaligus menjadi salah satu destinasi wisata edukasi.

"Selain itu kami juga telah membuat pemetaan potensi wisata yang bisa dikembangkan. Bahkan, setiap daerah memiliki potensi masing - masing," ujarnya.

Ia menyebut, kehadiran Menparekraf ke UTM menjadi salah satu dukungan untuk merealisasikan wisata halal di Madura. Ia mengaku pihaknya dan Pemkab Bangkalan telah memiliki konsep pengembangan wisata halal itu.

"Jadi tinggal actionnya saja karena kami bersama pemerintah kabupaten juga sudah mengkonsep itu," inbuhnya.

Penulis      :   Julian

Editor        :   Udiens

Publisher :   Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Bangkalan - Madura United memang harus melakukan sejumlah hal untuk segera melakukan pembenahan setelah mereka...

MEMOonline.co.id. Jember - Lanjut usia (lansia) ini hidup sebatang kara. Ia nelangsa, selama pandemi COVID-19 belum pernah menerima bantuan...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Komandan Korem (Danrem) 084 Bhaskara Jaya, Brigjen TNI Widjanarko, berikan pengarahan kepada prajurit Kodim 0826...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Forkopimka Kecamatan Pademawu bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) sosialisasikan Penyakit Mulut...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Kekosongan salah satu kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah...

Komentar