Tinjau Bangkalan Bersama Menkopolhukam, Gubernur Jatim Ungkap Kasus Covid-19 Varian India di Bangkalan

Foto : Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat memberikan sambutan.
230
ad

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Tingginya angka kasus Covid-19 di Bangkalan saat ini membuat prihatin banyak pihak. Tak hanya itu, saat ini juga telah ditemukan virus varian baru asal india atau jenis B 1617.2 yang menginfeksi tiga orang asal Bangkalan.

Hal itu diungkap oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dalam kunjungannya ke Bangkalan bersama Menkopolhukam, Mahfud MD. Ia menyebut, tiga orang yang terpapar itu diketahui saat terdapat penyekatan di Suramadu.

"Diketahuinya saat penyekatan di Suramadu, jadi ketiganya itu masuk ke Surabaya dari Bangkalan," ungkapnya, Selasa (15/6/2021).

Mantan menteri sosial itu juga menyebut saat ini tiga orang tersebut telah mendapat penanganan medis. Dua pasien berada di rumah sakit darurat lapangan Indrapura, Surabaya.

"Dan satu pasien di Bojonegoro karena ternyata warga asal sana namun sempat berkunjung ke Bangkalan," tambahnya.

Ia juga menyampaikan ketiga pasien yang terpapar virus varian delta India itu bukan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Sehingga, penularan diduga dari transmisi lokal.

"Ketiganya bukan PMI dan penyebaran dari transmisi lokal. Saat ini juga masih ada 24 sample yang masih menunggu hasil lab," jelasnya.

Ia juga berharap, masyarakat Jawa Timur terutama di Bangkalan meningkatkan dan memperketat protokol kesehatan dan tidak keluar rumah saat tidak ada kepentingan.

Sementara itu, Ketua Satgas Kuratif Jatim, dr Joni Wahyuhadi mengatakan, virus varian tersebut memiliki tingkat penularan lebih cepat. Bahkan, kecepatan penularan hingga 80 persen dibandingkan Covid-19 varian lama.

"Penularan hingga 80 persen, maka harus perketat prokes agar kasus tidak semakin tinggi," singkatnya.

Penulis: Julian

Editor: Udiens

Publisher: Lina

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember – Dalam rangka memperingati Hari Ini Perhubungan Nasional ( Harhubnas ) 2021, Pemerintah Kabupaten Jember mengikut...

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Guna mempermudah para pebisnis online dan memudahkan berkirim paket via handphone, PT Pos Indonesia meluncurkan dua...

MEMOonline.co.id, Probolinggo – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Probolinggo -- Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ), melakukan penindakkan terhadap badut manusia silver di lampu merah Brak...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Pelaksanaan vaksinasi serentak tahap 2 yang digelar Desa Tambaagung Barat, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep,...

Komentar