Kabar Baik ! di Sumenep Sudah Dibangun Rumah Produksi UMKM

Foto : Hj. Dewi Khalifah, Wabup Sumenep, usai hadiri Rapat Paripurna, (11/6/2021)
484
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Produk Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Sumenep kini mendapat perhatian khusus oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Nampaknya Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumenep tidak main-main dalam mengembangkan produk Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumenep kedepan.

Hal tersebut seperti yang dijabarkan oleh Hj. Dewi Khalifah, Wakil Bupati Kabupaten Sumenep, Jumat, (11/6/2021), usai hadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Sumenep.

Nyi Eva, mengatakan, dalam upaya meningkatkan ekonomi sektor UMKM, Pemerintah Kabupaten Sumenep telah menyiapkan Strategi.

Adapun trategi Pemerintah Kabupaten Sumenep dalam sektor ekonomi UMKM adalah Menata Potensi Produk di beberapa titik kecamatan, Menata Manajemen UMKM, Bantuan Permodalan, Pendampingan Produk UMKM, baik Branding Produk, Termasuk Advokasi Produk.

Oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep, strategi tersebut di konsep dalam sebuah "Rumah Produksi" di beberapa titik di kabupaten sumenep.

"Sebenarnya rumah produksi ini kan penataan manajemen UMKM, jadi kan kalau melihat konsep kita itu dari hulu ke hilir ini, peningkatan dari sumber daya alam yang ada menjadi potensi produk unggulan kabupaten Sumenep," ungkapnya.

Termasuk Nyi Eva, mengklaim bahwa rumah produksi ini dapat dimanfaatkan sebagai pusat bisnis sektor UMKM. Bahkan pihaknya, mengharapkan lebih dari adanya Rumah Produksi ini.

"Harapan kami rumah produksi ini tidak cuma memproduksi, tapi mereka juga bisa menelaah potensi alam yang ada, kemudian mengolah, setelah itu ikut memasarkan, juga ikut pendampingan kepada UMKM, agar produk yang ada itu menjadi produk yang benar-benar menjadi potensi unggulan yang sudah siap dipasarkan, baik secara lokal, regional maupun nasional. Bahkan kemungkinan bisa menjadi komoditi ekspor." jelasnya.

"Harapan saya, hari ini, UMKM kita sudah mulai membuka diri, mereka harus mau menerima masukan, saran. Misalnya pakajing, legalitas usaha." tandasnya.

Sementara itu, Nyi Eva, mengatakan bahwa pemerintah daerah menjamin kemudahan bagi sektor UMKM.

"Kita semua, pemerintah daerah akan mempermudah itu, begitu juga terkait permodalan." Katanya.

Penulis: Rifand NL

Editor: Udiens

Publisher: Lina

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Potret kurang matangnya tata kelola kesenian di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadi pengantar diskusi hangat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar rapat paripurna dengan acara nota penjelasan bupati...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah dijadikan momentum untuk berbagi rasa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

Komentar