Tak Percaya Corona, 13 Warga Madura Ini Malah Positif Covid

Foto : Petugas kesehatan melakukan tes cepat antigen kepada penumpang bus yang akan masuk ke Surabaya.
140
ad

MEMOonline.co.id, Surabaya - Rumah sakit darurat untuk pasien Covid - 19 atau Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, menerima 13 orang warga Bangkalan, Madura yang dinyatakan positif Covid - 19 dari pos penyekatan Jembatan Suramadu.

"Mulai kemarin sore, malam dan hingga hari ini, sudah 13 orang dari hasil tracing Suramadu dikirim dan dirawat di RSLI dengan konfirmasi swab PCR positif," kata Penanggung Jawab RSLI, dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, Senin (7/6).

Dia heran, berdasarkan keterangan yang didapat dari para tenaga medis, ke - 13 orang itu tak percaya dan menganggap bahwa Covid-19 itu tak ada.

Nalendra pun prihatin dengan temuan itu. Ia ingin semua pihak bahu membahu memberikan pengertian kepada masyarakat agar mau menerapkan protokol kesehatan. Hal itu demi kebaikan bersama.

"Semua stakeholder harus bahu membahu mengatasinya. Edukasi harus tetap dijalankan. Kami minta peran kawan - kawan media turut serta membantu, memberikan informasi, dan edukasi bagi masyarakat," katanya.

Lebih lanjut, Nalendra mengatakan dari 13 orang warga Madura yang telah dirujuk ke RSLI, 10 orang di antaranya memiliki CT Value di bawah 25.

"Sehingga akan kami kirim untuk konfirmasi lebih lanjut ke ITD dan Balitbangkes, dugaan varian baru Covid 19," ucapnya.

Ke-13 pasien tersebut juga mengalami gejala ringan. Akan tetapi penanganannya tetap dipisah untuk mewaspadai varian baru Covid-19.

"Penyebaran cepat dan luas salah satu tanda - tanda varian baru. Sambil menunggu hasil dari ITD dan Balitbangkes. Kami tetap waspada," kata dia.

Saat ini, daya tampung RSLI berjumlah 400 bed. Yang sudah terisi 110 bed. Artinya space yang tersisa adalah 290 bed. Nantinya, jika pasien yang dirujuk ke RSLI sudah mencapai 300-an orang atau 70 persen sesuai batas dari WHO, maka akan dilakukan langkah - langkah lanjutan.

"RSLI juga sudah membantu meminjamkan 50 bed untuk tindak lanjut penanganan kasus Bangkalan dan penyekatan Suramadu," pungkas Nalendra.

Penulis: CNN Indonesia

Editor: Udiens

Publisher: Dafa

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Guna mempermudah para pebisnis online dan memudahkan berkirim paket via handphone, PT Pos Indonesia meluncurkan dua...

MEMOonline.co.id, Probolinggo – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Probolinggo -- Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ), melakukan penindakkan terhadap badut manusia silver di lampu merah Brak...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Pelaksanaan vaksinasi serentak tahap 2 yang digelar Desa Tambaagung Barat, Kecamatan Ambunten, Kabupaten Sumenep,...

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Pemerintah terus menggenjot program vaksinasi Covid-19, tak terkecuali bagi kelompok usia 12 tahun - 17...

Komentar