Kinerja Tak Maksimal, BPWS Dibubarkan

Foto : H Syafiuddin Asmoro, Anggota komisi V DPR RI
489
ad

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) resmi dibubarkan melalui Perpres nomor 112/2020. Pembubaran ini diduga minimnya kinerja BPWS dalam pembangunan Surabaya-Madura.

Anggota komisi V DPR RI, Syafiuddin Asmoro mengatakan, pembubaran tersebut dilakukan pasca penetapan APBN 2021. Ia menduga, pembubaran ini dilakukan karena tak maksimalnya kinerja dari BPWS.

"Mungkin presiden tidak respect dengan kinerja BPWS, dan adanya pembubaran ini berarti pihak eksekutif menilai progres BPWS kurang maksimal," tuturnya, Senin (30/11/2020).

Ia juga mengatakan, selama 12 tahun tak ada progres yang maksimal dari kinerja BPWS. Hal tersebut terbukti dari minimnya serapan anggaran BPWS.

"Kalau tahun ini masih lumayan karena terus kita dorong, namun di tahun 2016-2017 serapan hanya 20 sampai 30 persentase saja," terangnya.

Ia berharap, pembubaran ini tak menjadi penghalang pembangunan Madura dan presiden dapat mengimplementasikan Perpres 80 tentang percepatan pembangunan ekonomi di Gerbang Kertasusila.

"Semoga ini menjadi itikad baik presiden untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Diketahui, pada tahun 2020 BPWS mendapat kucuran dana Rp 200 milyar dari pusat. Namun, jumlah tersebut menurun menjadi Rp 160 Milyar di tahun 2021.

"Untuk kedepan bagaimana, nanti kami tanyakan ke presiden apakah akan di ploting ke kementrian PUPR atau bagaimana kami belum tahu, karena belum mendapat salinannya," tutupnya.

Sementara itu, Ha'i anggota DPRD Bangkalan menilai hingga saat ini tak ada dampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat dari pembangunan BPWS. Ia menyebut, BPWS hanya membangun di Bangkalan namun tidak membangun peningkatan perekonomian masyarakat.

"Hanya secara fisik membangun di Bangkalan, namun tak ada dampak peningkatan perekonomian bagi masyarakat di Bangkalan," tandasnya.(Julian/red)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Yosowilangun Polres Lumajang, perketat penjagaan di pintu masuk wisata pantai Mbah Drajid Desa Wotgalih...

MEMOonline.co.id, Kalimantan Timur - Madura United sebagai tim tamu melibas tuan rumah Borneo FC dengan 4 gol tanpa balas dalam laga pekan ke-31 BRI...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Andre Parmonangan P atau yang lebih dikenal Andre adalah seorang dokter dan content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Jember- Yuliana Harimurti Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan ( Disperindag ) Kabupaten Jember. Memberikan informasi dan...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Komandan Kodim 0821/Lumajang Letkol Czi Gunawan Indra Y. T., S.T., M.M., memberikan arahan kepada seluruh anggota TNI dan...

Komentar