Peduli Nelayan, PMI Jember Semprotkan Disinfektan dan Bagi - bagi Masker di TPI Puger

Foto: Kegiatan Bagi Masker Pelelangan Ikan Puger, Jember
533
ad

MEMOonline.co.id, Jember - PMI Jember, Kegiatan Pola Hidup Bersih dan Sehat dengan memfokuskan pada gerakan memakai masker, Rabu Pagi dilakukan Relawan Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember di tempat pelelangan ikan yang ada di kecamatan Puger.

Sebanyak 20 relawan dikerahkan untuk memberikan sosialisasi akan pentingnya penggunaan masker ditengah pandemi covid-19 saat ini. Dari pantauan ditempat pelelangan ikan, hampir mayoritas nelayan sudah menggunakan masker, namun ada beberapa yang membawa masker tetapi tidak dipakai.

"Ibu tolong maskernya dipakai, jangan hanya dikalungkan saja. Dengan masker kesehatan ibu akan terlindungi," ucap drg Ayu Anggraheni, kepala klinik pratama PMI jember saat mendatangi satu persatu pedagang ikan. Begitu pula dengan relawan lainnya, dengan membawa alat pengeras suara, mereka mensosialisasikan pentingnya memakai masker diluar rumah.

Dalam kegiatan promosi kesehatan tersebut, relawan juga melakukan pembagian masker pada nelayan dan pedagang ikan yang saat melakukan aktifitas tidak membawanya. "Saya minta satu, tadi lupa tidak membawa," sapa pedagang ikan pada relawan yang melintas didepannya.

Kedatangan relawan disambut antusias oleh masyarakat pesisir pantai puger, mereka meminta masker disela sela relawan memberikan sosialisasi PHBS PMI Jember. Berjalan kaki mengelilingi area tempat pelelangan ikan yang dipenuhi oleh ratusan pedagang ikan dan nelayan, relawan terus sosialisasi agar kesadaran masyarakat meningkat.

"Mari bapak ibu semua yang ada disini, ikut serta melakukan pencegahan penyebaran covid-19, salah satunya memakai masker selain juga membiasakan cuci tangan sehingga kita tetap sehat," tegas relawan PMI Jember.

Ditempat yang sama, PMI Jember juga melakukan penyemprotan disinfektan di tempat pelelangan ikan puger. Penyemprotan dengan menggunakan armada truk yang membawa 1100 liter cairan teraebut dikhususkan untuk lokasi pelelangan ikan.

Jalan seputar TPI, tempat parkir kendaraan bermotor, kios pedagang ikan dan penampungan ikan segar, satu persatu disemprot disinfektan. "Selain kita membagi masker pada nelayan, pedagang dan masyarakat yang datang ke tempat pelelangan ikan, PMI Jember dihari yang sama ini juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan," tutur E.A Zaenal Marzuki, Ketua PMI Jember yang ikut dalam kegiatan di puger.

Proses penyemprotan dilakukan relawan pada siang hari ketika kondisi tempat pelelangan ikan di puger sepi dari aktifitas pedagang dan nelayan. Dengan seperti ini, ikan segar hasil tangkapan nelayan puger tetap bersih dan aman dikonsumsi oleh masyarakat.(Inul/red)

 

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id- “Emergency! Sangat penting.” Itulah pesan saya terima dari asisten. Ia menyela meeting saya hari...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah digelar acara halal bihalal dan silaturahmi bersama jajaran...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Yosowilangun Polres Lumajang, perketat penjagaan di pintu masuk wisata pantai Mbah Drajid Desa Wotgalih...

MEMOonline.co.id, Kalimantan Timur - Madura United sebagai tim tamu melibas tuan rumah Borneo FC dengan 4 gol tanpa balas dalam laga pekan ke-31 BRI...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Andre Parmonangan P atau yang lebih dikenal Andre adalah seorang dokter dan content creator asal Indonesia yang lahir di...

Komentar