Tak Kenal Lelah Berjuang untuk Kemanusiaan PMI Rayakan  Hari Ulang Tahun Ke-75 dengan Sederhana

Foto: Kepala PMI Kabupaten Jember saat menyerahkan penghargaan ke relawan
113
ad

MEMOonline.co.id, Jember -  Dalam ulang tahunnnya yang ke 75 Palang Merah  Indonesia (PMI) terus  berjuang  untuk kemanusiaan. Khususnya dalam melayani dalam pemenuhuhan kebutuhan darah melalui kegiatan donor darah. Termasuk melayani masyarakat yang  ditimpa kesulitan, terutama korban bencana alam atau bencana sosial seperti Pandemi Covid 19.  PMI selalu siap bersiaga untuk membantu. 

Sosialisasi Perwali No.78 2020

Ditengah melayani kebutuhan darah puluhan rumah sakit di Jember melalui kegiatan donor darah, PMI Kabupaten Jember kini juga aktif dalam segala untuk pencegahan sampai pemberantasan virus korona. Sejak muncul awal tahun, PMI Kabupaten Jember sangat aktif melakukan berbagai program untuk melawan virus korona. 
“Petugas PMI khususnya Unit Donor Darah tiap harinya melakukan kegiatan donor darah untuk meemenuhi kebutuhan darah sekitar 2.500 kantong tiap bulannya, di samping itu relawan PMI juga aktif mencegah penularan virus korona,” kata ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH.

Saat ketersediaan darah merosot di kala pandemi sementara kebutuhannya tetap, PMI menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) serta Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk donor darah sukarela. “Saat penami Covid 19 orang takut keluar rumah (saat pandemi), karena itu menurun sampai 50 persen. Tapi Alhamdulillah dengan bantuan TNI-Polri bisa teratasi. Kami ucapkan terima kasih kepada anggota TNI dan Polri di Jember,” jelasnya.

Dia menjelaskan, PMI mejalankan program pencegahan dengan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum. Mulai dari jalan jalan protokol, masjid, pasar, alun alun, kantor kantor dan tempat umum lainnya, termasuk ke rumah rumah warga. “Kita aktif melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum atau rumah warga,” imbuhnya. 

PMI Kabupaten Jember juga membagikan masker, memberikan hand sanitizer ke kantor kantor. “Relawan PMI juga aktif  melakukan sosialisasi melalui program promosi kesehatan. Relawan bersama tim promkes Klinik PMI di Jubung aktif keliling kecamatan, pasar pasar tradisional sosialisasi pentingnya pakai masker, jaga jarak dan selalu cuci tangan untuk mencegah penularan virus korona, ratusan Hand Sprayer juga dibagikan ke seluruh pondok pesantren se-kabupaten Jember” ujarnya. 

Bahkan, tim pengatar jenazah PMI Kabupaten Jember telah mengantarkan lebih dari  jenazah ke pemakaman umum dengan protokol kesehatan.”Jenazah yang diantarkan 64 jenazah yang dimakamkan sesuai protokol kesehatan, jenazah tersebut banyak yang positif Covid 19 maupun suspek ada yang OPD, ODR, PDP. Pemakaman dengan protokol kesehatan, tim relawan PMI pakai APD lengkap,” terangnya. 

Nah, dalam Hari Ulang Tahun ke 75, tepatnya 17 September 2020 ini perayaannya dilakukan dengan sederhana. Karena masih pandemi Covid 19, perayaannya hanya dengan upacara sederhana di markas PMI Kabupaten Jember di Jalan Jawa nomor 57 Jember. Tentu dengan menjalankan protokol kesehatan. “Perayaan HUT PMI ke 75 tahun ini, tepatnya hari ini dilakukan sederhana dengan upacara di markas PMI,” ujarnya. 

Di usia menjelang 75 tahun, dia mneyatakan, PMI setia membantu mengatasi kesulitan masyarakat saat dilanda bencana, memastikan ketersediaan darah, hingga menangani pandemi covid-19. (Inul/???)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Mojokerto - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menegaskan bahwa saat ini dunia memasuki cara...

MEMOonline.co.id, Malang - Penerapan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19 dilingkungan industri menjadi perhatian serius Senator asal Jawa...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Berdasarkan UU Nomor 28 Tahun 2002, PP Nomor 36 Tahun 2005, dan Permen PUPR Nomor 27 Tahun...

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Belasan IMM (Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah) Malang Raya menggelar orasi penolakan...

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Aksi demo yang dilakukan oleh IMM Malang Raya yang menyuarakan penolakan Undang - Undang Cipta Kerja Omnibus...

Komentar