Kampanye Langgar Prokes, Bawaslu: Kami Tak Berwenang Berikan Sanksi

Foto: Komisioner Bawaslu Sumenep Imam Syafi'i saat dimintai keterangan
319
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Meski belum penentapan calon, paskah pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati (Cabub-Cawabub) melakukan pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 4-5 September lalu, Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Sumenep giat melakukan pengawasan.

Hal itu untuk memastikan apakah relawan, atau tim kampanye ketika mengkampanyekan salah satu pasangan calon  bener-bener mengikuti protokol kesehatan (Prokes) atau tidak.

Komisioner Bawaslu Sumenep Imam Syafi'i mengatakan, pengawasan tersebut bertujuan untuk mengetahui substansi dari kegiatan kampanye sebagaimana berdasarkan peraturan perindang-undangan yang berlaku.

"Jika kami menemukan pelanggaran tentang prokes, maka kami proses sebagaimana berdasarkan Perbawaslu nomor 14 tahun 2014 tentang penanganan pelanggaran, lalu rekomendasinya ke Satgas Covid-19," katanya.

Ia menambahkan, penanganan pelanggaran itu di ajukan karna Bawaslu tidak mempunyai kewenangan memberikan sanksi terkait Prokes pandemi Covid-19.

"Karena kami tak berwenang berikan saksi, jadi kami akan rekomendasikan kepada satgas covid-19," imbuhnya. Senin (14/9/20).

Ditanya soal apakah ada temuan pelanggaran dari Bawaslu Sumenep, pihaknya menyebutkan hingga saat ini belum ada pelanggaran laporan terkait dengan protokol kesehatan.

"Tetapi kami sudah melakukan himbauan kepada jajaran kami dibawah, kemudian kepada KPU, partai politik atau gabungan partai politik, agar mengikuti protokol kesehatan," tandasnya. (Zai/red)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang - Satresnarkoba Polres Lumajang terus berupaya maksimal memangkas peredaran sabu di...

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Guna meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19, juga untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme...

MEMOonline.co.id, Sampang - Forum Gardu Demokrasi (FGD) Kabupaten Sampang menyoroti hakim dan jaksa satu kota (Yurisdiksi), yaitu sama - sama...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Kabupaten Bekasi sebagai salah satu daerah penyumbang angka kasus tertinggi harian Covid-19 di Provinsi Jawa Barat memang...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bekasi berhasil meraih penghargaan Reformasi Birokrasi...

Komentar