Isbat Nikah dan Dispensasi Kawin di PA Sumenep Tembus Ratusan Pemohon

Foto: Kepala bidang panitera muda PA Sumenep HM. Arifin
561
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Sejak Januari lalu hingga Juli, warga Kabupaten Sumenep yang mengurus permohonan isbat nikah dan dispensasi kawin tembus ratusan pemohon.

Pilkada Sumenep 2020

Tercatat, total pemohon isbat nikah di Pengadilan Agama (PA) Sumenep sejak Januari-Juli mencapai 168 orang. Sedangkan pemohon dispensasi kawin tembus 170 pemohon.

Demikian disampaikan kepala bidang panitera muda (Panmud) PA Sumenep HM. Arifin. Selasa (1/9/20).

Arifin mengatakan, isbat nikah adalah penetapan atas perkawinan seorang pria dengan seorang wanita sebagai pasangan yang sudah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan agama. Tetapi dalam pernikahan yang terjadi pada masa lalu itu belum atau tidak dicatatkan secara hukum. 

"Isbat nikah dilakukan untuk memperjelas status keluarga secara hukum kenegaraan. Sebab, apabila hanya melangsungkan nikah siri maka hanya sah di mata agama saja," katanya.

Sementara dispensasi kawin, lanjut Arifin, adalah perkawinan baik calon mempelai laki- laki ataupun perempuan masih di bawah umur dan belum diperbolehkan untuk menikah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Untuk isbat Nikah, dari 168 pemohon yang  sudah diputuskan ada 125 orang. Artinya yang sudah sah di mata hukum," terangnya. 

Ia menambahkan, warga yang mengurus dispensasi kawin juga mengalami lonjakan drastis, hal itu bisa dilihat dari data jumlah pemohon di bulan Juli 2020 sebanyak 170 muda-mudi yang belum cukup umur mengajukan permohonan dispensasi kawin.

 "Alhamdulillah yang sudah diputuskan itu sudah sebanyak 145 orang," imbuhnya.

"Artinya, setiap bulan rata-rata memang ada yang mengajukan itu permohonan, baik isbat nikah maupun dispensasi kawin," pungkasnya. (Zai/red)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah dijadikan momentum untuk berbagi rasa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Jember- Bupati Jember Hendy Siswanto melaksanakan program Jember Bershodaqoh (J-Bershodaqoh) di Kecamatan Balung yang meliputi 8...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membagikan ilmu jurnalistik kepada puluhan...

MEMOonline.co.id, Padang- Hafiz Rahman Hakim atau yang lebih dikenal Hafiz adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pembangunan Kantor baru gedung DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang peletakan batu pertamanya dilkukan pada 21 Agustus...

Komentar