Tangani Kasus Pengelapan Mobil, Rumah Pengacara di Jl. Suropati, Batu, Digeruduk Massa

Foto: Rochmad selaku anggota Pos Batu LBH Malang saat diwawancarai awak media di kediamannya.
478
ad

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Aksi premanismen menimpa pekerja bantuan hukum Pos Batu LBH Malang, di Jalan Suropati No.161-B, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jumat (28/8/2020) malam kemarin.

Pilkada Sumenep 2020

Peristiwa tersebut diungkapkan Rochmad, SH selaku anggota Pos Batu LBH Malang. Kepada awak media, ia ceritakan ihwal kronologis peristiwanya.

"Awalnya kami (LBH Malang), menangani kasus penganiayaan dan penggelapan mobil yang di sewa oleh klien kami warga Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Klien kami waktu itu menyewa satu unit mobil di rental, di Jalan Kasiman Kota Batu. Kemudian mobil tersebut dipinjam orang dan belakangan mobilnya di gelapkan oleh rekan klien kami," kata Rochmad saat diwawancarai wartawan.

Selanjutnya, imbuh Rochmad, kliennya dianiaya oleh "orang suruhan" yang diduga pemilik rental mobil dimaksud. Namun, terkait dengan kasus dimaksud telah di laporkan ke Polres Batu.

"Kami sebagai kuasa hukum, awalnya telah melakukan mediasi di kediaman pemilik rental mobil tersebut yang berinisial R. Namun, melalui mediasi yang alot tak kunjung membuahkan hasil, hingga berujung debat kusir. Kemudian kami bersama klien kami pulang ke rumah saya. Setelah itu tak berselang lama tiba-tiba rumah saya di datangi pemilik mobil rental tersebut, bersama dengan puluhan orang yang kami duga suruhannya mereka marah-marah, hingga mengakibatkan seisi rumah saya ketakutan," terangnya.

Tak berhenti di situ, lanjut Rochmad. Istri dan anak-anaknya beserta cucunya menangis lantaran ketakutan akibat terdengar suara teriakan keras dari puluhan orang tersebut.

"Mereka tanpa izin dan terlihat mabuk, tiba-tiba membuntuti kami yang pada akhirnya meluruk ke rumah saya. Terus terang, seisi rumah ketakutan. Cucu saya sampai menangis sesenggukan, dan saat ini orang rumah menjadi trauma. Bahkan sampai sekarang tidak berani ke luar rumah," tutur pengacara tersebut.

Hal senada juga diungkapkan Ketua LBH Malang, Andi Rachmanto, SH. Kepada awak media, ia juga menceritakan hal serupa yang dialaminya bersama dengan kliennya tersebut.

"Ya, awalnya ada tiga orang yang masuk rumah. Terjadi perdebatan alot antara kami sebagai kuasa hukum dengan pemilik mobil rental tersebut. Namun, beberapa saat kemudian puluhan orang berdatangan. Mereka meminta kami agar tidak membela klien kami. Mereka datang dengan tidak sopan sambil marah-marah, hingga membuat seisi rumah Pak Rochmad ketakutan dan menangis," tutur Andi, sapaan akrabnya.

Alumnus FH Unisma ini menambahkan, terkait dengan insiden yang tak menggenakkan ini, pihak Pos Batu LBH Malang berencana melaporkan ulah puluhan orang dan pemilik rental persewaan mobil tersebut ke Polres Batu.

"Ya, karena ini sudah berpotensi mengintimidasi kami, sekaligus juga merendahkan marwah kami sebagai pengacara. Kalau hal ini dibiarkan, harkat dan martabat serta rasa aman bagi kami, selaku penegak hukum pembela kaum yang lemah, tidak ada sama sekali," papar ia.

Dirinya mengaku tak gentar, walapun merasa diintimidasi oleh puluhan orang-orang suruhan itu. Dasarnya, menurut ia, profesi seorang pengacara memang terkadang penuh dengan tekanan, terlebih dalam membela kliennya.

"Rencananya kami, Pos Batu LBH Malang memang bakal melaporkan ke polisi dengan tuduhan memasuki rumah tanpa izin. Hal itu sesuai dengan Pasal 167 ayat (1) KUHP yang berbunyi, barang siapa memaksa masuk ke dalam rumah, ruangan atau pekarangan tertutup yang dipakai orang lain dengan melawan hukum, dan atas permintaan yang berhak atau suruhannya tidak pergi dengan segera, diancam dengan pidana penjara paling lima sembilan bulan pidana penjara," tandas ia.

Hingga berita ini dilansir, awak media sementara masih belum bisa mengkonfirmasi pemilik dari rental atau persewaan mobil yang dimaksud. Upaya untuk mendapatkan konfirmasi pun masih terus dilakukan. (Risma/red)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id. Bangkalan - Madura United memang harus melakukan sejumlah hal untuk segera melakukan pembenahan setelah mereka...

MEMOonline.co.id. Jember - Lanjut usia (lansia) ini hidup sebatang kara. Ia nelangsa, selama pandemi COVID-19 belum pernah menerima bantuan...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Komandan Korem (Danrem) 084 Bhaskara Jaya, Brigjen TNI Widjanarko, berikan pengarahan kepada prajurit Kodim 0826...

MEMOonline.co.id. Pamekasan - Forkopimka Kecamatan Pademawu bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) sosialisasikan Penyakit Mulut...

MEMOonline.co.id. Sumenep - Kekosongan salah satu kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah...

Komentar