Duh ! 43.857 DTKS di Bangkalan Belum Dapat Bantuan

Foto : Ilustrasi
84
ad

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Sebanyak 43.857 warga miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) saat ini belum mendapat bantuan. Dari total 138.857 warga yang terdaftar dalam DTKS,baru 95 ribu warga yang menerima bantuan. 

Adapun bentuk bantuan dari warga yang masuk daftar DTKS itu yakni berupa bantuan sosial (Bansos) program keluarga harapan dan bantuan pangan nontunai, Kartu Indonesia Pintar (KIP), Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan penerima bantuan subsidi.

Kepala dinas sosial Wibagyo mengatakan, ada penurunan penerima manfaat di tahun 2020. Tahun sebelumnya, terdapat 141 ribu lebih warga yang terdaftar kedalam DTKS. 

"Kita terus lakukan verifikasi dan validasi. Sebab, data harus di-update karena ada warga yang meninggal, sejahtera dan pindah domisili," tegasnya, Kamis (30/7/2020). 

Meski begitu, pemerintah masih memberikan bantuan lain yakni berupa Bantuan Sosial Tunai (BST), Jaringan Pengama Sosial (JPS) dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). 

"Kalau untuk verval kami biasa lakukan 4 kali setahun. Namun tahun ini hanya 2 kali dan kami targetkan selesai 2 agustus nanti," ucapnya. 

Ia menegaskan, terdapat beberapa kendala untuk mempercepat verval tersebut. Diantaranya, keterbatasan anggaran, minimnya sumber daya manusia (SDM) operator desa, minimnya pemahaman pemerintahan desa akan pentingnya verval DTKS serta tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah. (Yis)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan  petugas kesehatan Puskesmas Sukapura...

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Pemkab Probolinggo, Jatim, menargetkan bebas dari desa tertinggal pada tahun...

MEMOonline.co.id, Lumajang - Kepala Kepolisian Resort Lumajang Jawa Timur AKBP Deddy Foury Millewa,...

MEMOonline.co.ìd, Bangkalan - Pembahasan rancangan perubahan APBD 2020 dilakukan oleh semua mitra DPRD...

MEMO.online.co.id, Probolinggo - Langkah Walikota Probolinggo dalam menyesejahterakan stafnya cukup luar...

Komentar