Mahasiswa UMM Jadi Relawan Posko Tanggap COVID-19 dan Terapkan Program KIE di Sampang

Foto: Tim PMM UMM Bhaktimu Negeri dan petugas Kelurahan Rongtengah Sampang 
594
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Menuju new normal, melalui tim pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) terus berupaya memutus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sampang.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh tim PMM Bhaktimu Negeri UMM, yaitu dengan menjadi relawan posko tanggap covid-19 di Kelurahan Rongtengah, Kecamatan Sampang, kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur.

Koordinator kelompok 11 PMM UMM Kabupaten Sampang Maghfiroh mengatakan, letak posko yang berdekatan dengan lokasi pasar berfungsi dengan baik dalam melakukan pendataan bagi para warga pendatang yang masuk ke kelurahan Rongtengah.

“Jadi jika ada warga pendatang berasal dari daerah dengan transmisi lokal penularan covid-19, maka petugas kelurahan serta tim PMM UMM Sampang mengarahkan warga tersebut memasuki bilik guna pendataan lebih lanjut,” katanya. Kamis (23/7/20) kemarin.

Selain pendataan, lanjut Maghfiroh, dalam posko tersebut mahasiswa UMM melakukan aksi sosial berupa pembagian paket cegah corona disertai dengan penerapan program komunikasi, informasi dan edukasi (KIE) terkait COVID-19. 

"Dalam paket cegah corona yang dibagikan oleh tim, didalamnya terdiri dari masker, handsanitiser, vitamin C serta brosur untuk menunjang pemahaman masyarakat setelah tim menerapkan program KIE," paparnya.

Ia menjelaskan, KIE merupakan kegiatan penyampaian informasi mengenai COVID-19 dalam rangka meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat untuk memutus rantai penularan virus corona serta mengurangi tingkat mortalitas yang disebabkan oleh virus corona di Indonesia. 

"Aksi sosial ini bertujuan agar masyarakat mengetahui bahwa sebenarnya penyebaran virus dapat dikendalikan dari diri sendiri, yakni dengan menggunakan masker, rajin cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan Hansanitizer," jelasnya.

Kegiatan ini diawasi dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PMM UMM Setyo Wahyu. Serta dibantu oleh dukungan pihak kelurahan dan masyarakat setempat. (*/Zai/Red)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Komisi I DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, meminta Pemerintah Daerah setempat, mengusulkan lebih banyak Kuota CPNS dan...

MEMOonline.co.id- “Emergency! Sangat penting.” Itulah pesan saya terima dari asisten. Ia menyela meeting saya hari...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah digelar acara halal bihalal dan silaturahmi bersama jajaran...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Yosowilangun Polres Lumajang, perketat penjagaan di pintu masuk wisata pantai Mbah Drajid Desa Wotgalih...

MEMOonline.co.id, Kalimantan Timur - Madura United sebagai tim tamu melibas tuan rumah Borneo FC dengan 4 gol tanpa balas dalam laga pekan ke-31 BRI...

Komentar