Gegara Bahan Peledak, Pria Kelahiran Jember Ditangkap di Lumajang

Foto: Tersangka 'SN' saat diamankan di Mapolres Lumajang
226
ad

MEMOonline.co.id, Lumajang - 'SN' nama inisial (47), warga Desa Kalipenggung Kecamatan Randuagung, digelandang ke Mapolres Lumajang Jawa Timur, Selasa (14/7/2020).

Bukan tanpa sebab, pria kelahiran Jember tersebut, diduga sebagai orang yang menjadi peracik hingga mengedarkan bahan yang diduga sebagai bahan peledak berupa mercon.

Dikonfirmasi media, AKP Masykur Kasat Reskrim Polres Lumajang melalui Kasubbag Humas Ipda Catur Budi Bhaskara mengatakan, ungkap ini merupakan hasil kerja sama antara Tim Cobra Tangguh dan Sat Intel Polres Lumajang.

''Saat diamankan dari kediamannya, 'SN' didapati menyimpan, sejumlah barang yang ditengarai sebagai bahan peledak mercon,'' ungkap Ipda Catur.

Ipda Catur menambahkan, 'SN' diamankan bermula dari seseorang inisial 'ST' yang mengaku membeli serbuk mercon kepada 'SN'.

"Berdasarkan hasil pengembangan dari 'ST' yang telah mengaku membeli serbuk mercon dari 'SN'. Selanjutnya dilakukanlah penyelidikan oleh petugas, dan hasilnya, di rumah 'SN' kami mendapatkan sejumlah bukti," imbuh Ipda Catur.

Barikut sejumlah barang bukti yang disita polisi dari kediaman 'SN' :

1. Blerang 31,8 kg
2. Potasium 14,5 kg
3. Sumbu 27 ikat
4. Bubuk mercon 5 kg dengan 5 plastik
5. Campuran areng + bubuk 2 kg
6. Kertas sumbu 2 kg
7. Tawas 1 kg
8. Kantong plastik hitam 5 buah
9. Kantong plastik putih 1 buah
10. Areng 2 kg
11. Drum kecil 1 buah
12. Ayakan kecil + 2 ons paku
13. 1 (satu) buah Timbangan

Polisi hingga kini terus melakukan pengembangan akan kasus ini. 

"Saat ini 'SN' mengaku mendapatkan atau membeli barang - barang yang diduga untuk dibuat sebagai bahan peledak tersebut dari orang yang tidak dikenal. Akan tetapi, kami akan terus melakukan pendalaman, terkait kemungkinan - kemungkinan yang ada," tukas Ipda Catur.
 
Dalam kasus ini, polisi akan menjerat tersangka dengan pasal 1 ayat (1) UU Darurat No. 12 Tahun 1951. (Hermanto)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember - Perseteruan antara ayah tiri dan anak kembali terjadi. Motif dari pertengkaran ini dipicu karena harta...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, meminta pramuka untuk tetap...

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Wisata alam Coban Talun telah dibuka kembali mulai 18 Juli 2020 dengan menerapkan protokol...

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Demi memverikan waduh kepada para wartawan khususnya bertugas di wilayah...

MEMOonline.co.id, Jakarta - Presiden RI, Joko Widodo memuji respon cepat DPD RI terhadap sejumlah masalah yang dihadapi...

Komentar