SMSI Jawa Barat  Sosialisasi 'Newsroom'

Foto : SMSI Jabar bikin Newsroom
566
ad

MEMOonline.co.id - Bandung - Setelah resmi menjadi Konstituen Dewan Pers, pengurus pusat Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) membentuk Newsroom yang berisikan seluruh anggota SMSI. Adapun newsroom tersebut, yakni, Siberindo.co, Indonesia Today dan Cyber Indonesia Network. 

Di wilayah Provinsi Jawa Barat, pembentukan newsroom disosialisasikan pengurus SMSI Jawa Barat dengan mengundang seluruh perwakilan SMSI perwakilan Kabupaten dan Kota di sekretariat SMSI Jawa Barat, jalan Jendral Ahmad Yani No.262, Kacapiring, Batununggal, Kota Bandung, Senin (13/07/2020).

Hadir dalam sosialisasi, Ketua SMSI Jawa Barat, Hardiyansyah, Sekretaris, Ahmad Syukri, Bendahara, Kustandi, Bidang organisasi, Tatan, dan sejumlah pengurus SMSI Jawa Barat lainnya.

Hadir mewakili SMSI Bekasi Raya, ketua, Doni Ardon bersama para pengurus.

Adapun perwakilan dari daerah lain, yakni, Enhartono dari Karawang, Rahmat dari Bandung Barat, lalu perwakilan dari Kota Bandung, Cirebon dan Bogor.

Ketua SMSI Jawa Barat, Hardiyansyah, mengatakan, newsroom yang dibangun diharapkan menjadi sentral produk berita online, baik naskah dan video dari para anggotanya di berbagai daerah di Indonesia.

Di ruang berita tersebut, para editor akan bekerja bersama mengolah ribuan produk berita yang diterima dari seluruh media online di Indonesia yang menjadi anggota SMSI.

Sehingga dihasilkan mutu produk berita yang baik dari berbagai daerah dan bisa dimanfaatkan juga oleh anggota SMSI untuk dipublikasikan ke masyarakat luas.

Selain menyiapkan newsroom, SMSI juga telah mempersiapkan beberapa kanal-kanal siber berita yang akan diluncurkan. 

"Jawa Barat diberikan kanal khusus dan kita sudah mempersiapkan sejumlah editor untuk menampung pemberitaan dari teman-teman anggota SMSI yang berada di wilayah Jawa Barat," kata Sekretaris SMSI Jawa Barat, Ahmad Syukri, menambahkan.

Newsroom, terang lelaki yang biasa dipanggil Ari ini, adalah milik kita bersama sehingga kepemilikan sahamnya merupakan seluruh anggota SMSI yang tergabung.

Keberadaan Newsroom juga diharapkan dapat mengefektifkan sumber daya manusia yang ada. Terlebih, bagi pemilik media siber sudah tentu akan sangat terbantu dalam peningkatan kualitas konten sesuai segmentasi media siber di daerah.

Usai rapat sosialisasi, ketua SMSI Bekasi Raya, Doni Ardon, menyambut baik pembentukan Newsroom yang digagas Ketua Umum SMSI, Firdaus tersebut.

"Saya menilai Newsroom kali ini lebih spesifik dari newsroom yang telah ada dan pernah digagas sebelumnya," terang Doni Ardon. 

"Selain berisikan hanya anggota SMSI, Newsroom kali ini memberi kewenangan bagi anggota untuk langsung mempublikasikan hasil liputannya. Sedangkan tugas redaktur hanya memantau dan memberi masukan, termasuk fokus memikirkan konsep media berkaitan dengan animo masyarakat terhadap informasi," ujar Doni Ardon.

Misalkan, dengan anggota 600 perusahaan, masing-masing perusahaan mengirimkan 3 berita setiap harinya. Maka nanti akan ada 1.800 berita setiap harinya yang bisa dibagikan diantara anggota SMSI. 

"Semoga kita (SMSI-red) dapat memberikan edukasi kepada media-media di Indonesia, khususnya di Kabupaten dan Kota Bekasi melalui SMSI Perwakilan Bekasi Raya," harap Doni Ardon. (Don/Bam/Diens).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pelaksanaan Kalender Event yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Diaspora setempat,...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Ngatmini (50) warga Dusun Sriti Desa Sumber Urip Pronojiwo Lumajang, dievakuasi petugas gabungan TNI Polri dibantu warga...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ketua DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Abdul Hamid Ali Munir, mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan Ketua DPRD...

MEMOonline.co.id, Trenggalek- Bima Wahyu Syahputra atau yang lebih dikenal Bima adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id- Rasa cemas saya pun sulit untuk sekedar diredakan, apalagi hendak dihilangkan, atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) jika tidak...

Komentar