Jaga Kebersihan di Tengah Pandemi Covid-19, SDN 3 Ajung Jember Produksi Sabun Cair

Foto: Proses Pembuatan Sabun Cais SDN 3 Ajung Jember
1175
ad

MEMOonline.co.id, Jember -  Ditengah pandemi Covid-19, SDN 3 Ajung, Kecamatan Kalisat, Kabupaten Jember, Jawa Timur kompak memproduksi sabun cair. Selain untuk cuci piring dan pakaian, sabun ini bisa digunakan untuk cuci tangan mencegah penyebaran virus corona.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala SDN 3 Ajung, Muharram menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan, baik rumah maupun sekolah di tengah pandemi Covid-19. Dengan sering cuci tangan, para siswanya bisa mengurangi sedikit kekhawatiran saat bertemu tetangga.

Sabun yang diproduksi ini, setidaknya disimpan di rumah siswa dan di sekolah. "Setiap rumah dan sekolah sudah disiapkan sabun untuk menjaga kebersihan, baik di sekolah maupun di sekitar lingkungan warga," katanya saat dihubungi media ini.

Ia menjelaskan, sebenarnya, proses pembuatan sabun cair ini bukan baru kali ini dilaksanakan. Sejak beberapa tahun terakhir, dia bersama Budi, Kepala SDN Ajung 2 sudah memproduksi sabun tersebut. Kali ini, ilmu membuat sabun cair itu ia ajarkan pada anak didiknya di SDN Ajung 3.

"Kami ingin anak-anak SDN Ajung 3 itu memiliki keterampilan. Salah satunya dengan membuat sabun cair ini agar kebersihan diri dan lingkungannya tetap terjaga. Terlebih di masa pandemi ini," jelasnya.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu, pihaknya juga mengajukan uji laboratorium terhadap sabun yang dibuatnya itu. "Uji Lab di Poltek, alhamdulillah hasilnya bagus, layak pakai," katanya.

Namun, ia belum mendapat izin dari Kementerian Perdagangan untuk menjual hasil produksinya itu ke masyarakat luas. Kendati demikian, ia mengatakan, ke depan, pihaknya akan berupaya mendapatkan izin itu, supaya sabun cair yang diproduksi bisa dijual dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Saat ini, pihaknya bersama anak-anak SDN Ajung 3 masih menjual sabun cair itu secara kecil-kecilan. Ia mengatakan, per satu liter, harga sabun itu hanya senilai Rp 7.500. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan harga sabun cair lainnya di pasaran.(Inul)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sampang- M Inisial, seorang mucikari asal desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ditangkap jajaran...

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Potret kurang matangnya tata kelola kesenian di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadi pengantar diskusi hangat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar rapat paripurna dengan acara nota penjelasan bupati...

Komentar