Refokusing Anggaran Covid-19 11,8 Milyar. Komisi D: Digunakan untuk apa ?

FOTO: Klarifikasi, Kepala Dinas Kesehatan Bangkalan Sudiyo beri penjelasan pada awak  media terkait pemanggilannya.
697
ad

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Semenjak Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Kinerja Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan hingga Puskesmas terus disorot oleh komisi D DPRD.

Bagaimana tidak, saat ini jumlah masyarakat Bangkalan yang terpapar Covid-19 sudah mencapai 9 orang. 

Ketua komisi D DPRD Bangkalan Nur Hasan menyampaikan, pihaknya panggil Kepala Dinkes (Kadinkes) agar bekerja serius dalam menangani penyebaran Covid-19.

Selain upaya pencegahan, pihaknya juga menyoroti penggunaan anggaran dalam menanggulangi Covid-19. Yaitu mengenai pembelian alat kesehatan (Alkes), seperti pengadaan alat pelindung diri (APD) dan alat rapid tes.

Menurut politisi partai PPP itu, berdasarkan keterangan dari sejumlah kepala Puskesmas yang dipanggil, ketersediaan peralatan kesehatan dalam menangani Covid-19 sudah cukup, sehingga tidak perlu lagi melakukan pembelian.  

"Makanya kami meminta Kadinkes untuk bijak dalam menggunakan anggaran, dan membatalkan pemesanan," terangnya. Rabu (29/04/20).

Sementara itu Kadinkes Bangkalan Sudiyo mengatakan, dalam pemanggilan itu pihaknya diminta untuk menjelaska serapan penggunaan anggaran refokusing Covid-19 yang sebesar 11,8 Milyar tersebut.

"Dari dana refokusing sendiri yang terserap tidak sampai 5%," jelasnya.

Pria berkacamata itu mengungkapkan, serapan tersebut digunakan untuk pengadaan alkes yang sifatnya urgen, yakni pembelian 800 pcs alat rapid tes dan 1000 pcs APD.

"Kami sangat hati-hati dalam menggunakan anggaran ini, sesuai petunjuk teknis pembelian alkes itu sudah didistribusikan ke setiap Puskesmas di Bangkalan," Pungkas Sudiyo. (Zai).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pelaksanaan Kalender Event yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Diaspora setempat,...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Ngatmini (50) warga Dusun Sriti Desa Sumber Urip Pronojiwo Lumajang, dievakuasi petugas gabungan TNI Polri dibantu warga...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ketua DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Abdul Hamid Ali Munir, mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan Ketua DPRD...

MEMOonline.co.id, Trenggalek- Bima Wahyu Syahputra atau yang lebih dikenal Bima adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id- Rasa cemas saya pun sulit untuk sekedar diredakan, apalagi hendak dihilangkan, atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) jika tidak...

Komentar