Soal Seteru Bupati Lumajang VS  Wartawan Memo Timur, Polisi Pastikan Ada Kepastian Hukum

Foto: AKP Masykur, Kasat Reskrim Polres Lumajang saat diwawancarai sejumlah awak media
1173
ad

MEMOonline.co.id, Lumajang - Sekretaris DPC PKB Partai Kebangkitan Bangsa Kabupaten Lumajang, Eko Adis Prayoga datang ke Mapolres Lumajang, Rabu (1/4/2020). 

Eko Adis Prayoga yang juga merupakan Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Lumajang itu, datang memenuhi panggilan polisi untuk dimintai klarifikasi sebagai saksi, terkait perkara dugaan pelecehan yang diduga dilakukan oleh H. Thoriqul Haq, pria yang notabenenya juga menjabat sebagai Bupati Lumajang kepada salah seorang wartawan koran harian Memo Timur Mujibul Choir diwaktu sebelumnya.

”Berkaitan dengan klarifikasi beberapa hal. Sudah saya sampaikan. Saya menghormati proses dari kepolisian,” ucap Eko, pasca sekira 3 jam berada diruangan unit Tipidkor Polres Lumajang.

Imbuh Eko, keterangan yang dibutuhkan oleh pihak kepolisian, dirinya siap menyampaikannya. 

“Keterangan saya sampaikan sesuai dengan apa yang saya lihat, saya dengar, dan saya alami,” imbuh dia.

Ditanya ada berapa pertanyaan yang dilontarkan polisi, pria berprawakan tinggi itu menjawab jika dirinya lupa / tidak ingat.

Seperti diketahui, Eko Adis Prayoga ikut hadir mendampingi H. Thoriqul Haq di kantor PKB Lumajang pada waktu lalu. 

Saat itu, H. Thoriqul Haq melontarkan perkataan yang dinilai melecehkan dan mencemarkan nama baik Mujibul Choir dihadapan banyak orang.

Diwaktu yang sama Kasat Reskrim Polres Lumajang AKP Masykur mengatakan, saksi yang dipanggil saat ini merupakan salah satu dari saksi yang selanjutnya juga akan dipaggil untuk dimintai klarifikasi.

“Ini salah satu saksi pada saat H. Thoriqul Haq selaku kader dari PKB yang menyampaikan statement, sesuai apa yang kita kita dugakan pencemaran nama baik,” kata dia, sekeluarnya dari ruang tempat saksi berada.

Sebelumnya AKP Masykur juga menyampaikan jika pihaknya memanggil, salah seorang kader PKB Lumajang Azoman Nur Fajar Pratama, juga untuk dimintai klarifikasi hal yang sama. Namun, yang bersangkutan tak hadir ke Porles Lumajang.

Tegas Masykur, yang bersangkutan akan kembali dipanggil untuk kedua kalinya.

Masykur juga menerangkan, perkara ini masih dalam proses tahap penyelidikan. Sehingga, kata dia posisi dari saksi, sebatas masih dilakukan klarifikasi melalui undangan. 

Dalam tahapan ini, pihaknya fokus menentukan unsur perbuatan dalam peristiwa yang terjadi.

“Dalam peristiwa itu apakah memang benar ada unsur perbuatan yang melawan hukum,” lanjut dia.

Semua saksi yang ada, ketika sudah diklarifikasi semua, terang Masykur pihaknya akan melakukan gelar perkara. Hal itu kata dia untuk menentukan, bisa tidaknya naik ke status penyidikan apa tidak.

“Dalam proses penyidikan itu kita akan menggali, untuk menemukan alat buktinya,” tukas Masykur.

Berbicara soal penetapan tersangka, AKP Masykur menjelaskan, hal itu akan dilakukan jika pihaknya sudah menemukan bukti permulaan yang cukup. 

Ditanya, adakah target jenjang waktu dalam penyelesaikan perkara ini, Ia belum bisa memastikan. 

“Ini kan pejabat, kita menyesuaikan dengan agenda dari beliau-beliau. Tidak bisa kita kemudian menggebuh - gebuh apalagi situasinuya seperti ini,” tuturnya.

Namun, Ia memastikan dalam perkara H. Thoriqul Haq dengan Memo Timur ini akan ada kepastian hukum. 

“Yang jelas ini akan ada kepastian hukum, jadi tenang saja, akan ada kepastian hukum,” pungkasnya. (Hermanto)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Potret kurang matangnya tata kelola kesenian di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadi pengantar diskusi hangat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar rapat paripurna dengan acara nota penjelasan bupati...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah dijadikan momentum untuk berbagi rasa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

Komentar