Selain Masalah Medis, Pemerintah Juga Harus Memikirkan Masalah Dampak Ekonomi Pasca Merebaknya Virus Corona di Indonesia

Foto: Hairul Anwar, Ketua Kadin Sumenep
121
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Masalah virus corona yang saat ini melanda tanah air, menjadi perhatian serius semua pihak.

Tak terkecuali Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumenep, Madura, Jawa Timur, Hairul Anwar, yang meminta Pemerintah setempat  bergerak cepat dalam mempersiapkan mitigasi bencana penanganan penyebaran Covid-19.

"Pemerintah jangan hanya mempersiapkan masalah medis. Tapi tidak kalah pentingnya persoalan dampak ekonomi dari Covid-19 ini harus dipersiapkan secara serius," kata  Hairul Anwar, Senin (23/3/2020)

Sebab menurutnya, apabila pemerintah daerah tidak mempersiapkan dampak ekonominya, pihaknya memprediksi masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah akan menjadi korban paling menyedihkan. Pasalnya, mereka tidak memiliki persediaan ekonomi yang memadai.

"Pemerintah harus riil. Berapa kebutuhan pangan yang dibutuhkan warga, ini harus dipikirkan secara matang," terangnya.

Terlebih bagi warga yang secara geografis berada di wilayah kepulauan. Mengingat Sumenep terdiri dari daratan dan kepulauan. Kebutuhan pangan mereka selama ini disuplay dari wilayah daratan.

Apabila Pemerintah Indonesia mengambil kebijakanlockdown. Maka masyarakat kepulauan Sumenep paling berdampak secara ekonomi.

Dalam kamus Cambridge, lockdown adalah sebuah situasi di mana orang tidak diperbolehkan untuk masuk atau meninggalkan sebuah bangunan atau kawasan dengan bebas karena alasan sesuatu yang darurat.

"Pemerintah saat ini semestinya mempersiapkan persediaan pangan yang dibutuhkan masyarakat kepulauan. Jangan nunggu ada korban (kelaparan) baru akan mengiapkan kebutuhan pangan," tukasnya.

Diketahui hingga Minggu (22/3/2020) total pasien yang telah dinyatakan positif Covid-19 sebanyak 514 orang. Dari jumlah tersebut, 9 di antaranya dinyatakan sembuh.(Hoki/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sampang - Sat Reskrim Polres Sampang mengamankan penjudi adu jangkrik di Dusun Bira,  Desa Bira...

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Sungguh malang nasib dua kakek yang tinggal di...

MEMOonline.co.id, Jakarta - Dewan Pimpinan Nasional (DPN) SAPU JAGAD mendesak pemerintahan Joko Widodo...

MEMOonline.co.id, Sampang - Satlantas Polres Sampang Sosialisasi untuk pencegahan covid -19 dan bagi bagi...

MEMOonline.co.id, Sumenep – Bersama Forkopimda, Pemerintah Kabupaten Sumenep,...

Komentar