Wakil Gubenur Jawa Timur, Tinjau Langsung Korban Terdampak Banjir Bandang Ijen Bondowoso

Foto: Wakil Gubenur Jawa Timur, saat meninjau Langsung Korban Terdampak Banjir Bandang Ijen Bondowoso
123
ad

MEMOonline.co.id. Bondowoso – Wakil Gubenur Jawa Timur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc. tinjau langsung Korban terdampak banjir bandang di Kecamatan Ijen Kab. Bondowoso, Wakil Gubenur bersama rombongannya tiba di Ijen pukul 12.30 WIB, Rombongan langsung menuju ke Arabica HomeStay Jampit Kalisat, untuk melaksanakan makan siang bersama Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Kapolres, Dandim 0822 dan sejumlah Jajaran dari Provinsi Jawa Timur Dan Pemkab. Bondowoso. Rabu, 18/3/2020.

Wakil Gubenur dan Rombongan pantau langsung Dampak Banjir Bandang Pertama yang terjadi pada 29 Januari dan Kedua 14 Maret 2020, Kemudian dilanjut tinjau rumah warga yang akan menjadi relokasi korbaan banjir tepatnya di petak 103, setelah itu dengan penuh semangat Wakil Gubenur terus menyusuri Dusun Kampung Baru yang merupakan dampak banjir bandang terparah.

Selanjutnya Wakil Gubenur mengecek dapur Tagana yang disediakan oleh BPBD, bahkan Wakil Gubenur sempat mencicipi masakan yang disediakan untuk korban banjir sambil didampingi oleh Kepala BPBD Prov. Jatim. 

Pemkab Bondowoso memiliki beberapa usulan kepada Wakil Gubenur Jawa Timur yaitu Dropping air bersih di 4 Desa (8 Dusun), Perbaikan prasarana perpipaan air minum, Perbaikan MCK umum, Perbaikan Kantor Kecamatan, Perbaikan sekolah dan prasarana pendukungnya, Normalisasi sungai, Pembuatan Dam pengendali banjir, Relokasi perumahan kampung baru, Relokasi sekolah SD Sempol, Penghijauan atau Reboisasi, semua usulan ini akan segera terealisasikan yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Selain itu Wakil Gubenur juga memberikan bantuan yang diserahkan langsung kepada warga terdampak banjir.

Wakil Gubenur Jawa Timur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc. saat dikonfirmasi oleh Lensa Nusantara menjelaskan bahwa pihaknya akan memaksimalkan untuk membentu mengatasi masalah di Ijen, Sesuai dengan arahan Gubenur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si.

“Kami menekankan bahwa kita tidak selesai hanya dengan mengatasi masalah hari ini tetapi kita harus mencoba mengatasi masalah - masalah kedepan, artinya jangan menangani hilir saja tapi hulu juga, dari sinilah kami benar - benar bertanya kepada Masyarakat dengan memastikan tidak akan menggarap lahan - lahan hutan dan mereka akan mensukseskan kedepan lahan - hutan itu agar tebal kembali”, Ungkapnya.

 “Sebenarnya ada potensi ekonomi yang bagus disini yaitu penanam pohon buah makadamia, dari sana kembali lagi yang akan mendapatkan manfaat yaitu masyarakat, tetapi pada saat hutan itu gundul akan ada terjadi banjir bandang, maka yang akan rugi pertama yaitu masyarakat, sejumlah buah - buahan akan diuji didaerah tersebut karena tidak semua tumbuhan cocok ditanam didataran tinggi, selain itu sudah dilaksanakan budidaya rumput vetiver untuk menjegah terjadinya longsor, Tutupnya.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Wakil Gubenur Jawa Timur, Ka. Bakorwil Jember Prov. Jatim, Kepala BPBD Prov. Jatim, Kepala Dinas Sosial Prov. Jatim, Kepala Dinas Kehutanan Prov. Jatim, Bupati dan Wakil Bupati Bondowoso, Sekda, Kodim 0822, Kapolres Bondowoso, dan seluruh jajaran dari Pemprov Jatim, maupun jajaran Pemda Bondowoso., acara berjalan dengan lancar hingga selesai. Rabu, 18/3/2020. (Arik)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sampang - Sat Reskrim Polres Sampang mengamankan penjudi adu jangkrik di Dusun Bira,  Desa Bira...

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Sungguh malang nasib dua kakek yang tinggal di...

MEMOonline.co.id, Jakarta - Dewan Pimpinan Nasional (DPN) SAPU JAGAD mendesak pemerintahan Joko Widodo...

MEMOonline.co.id, Sampang - Satlantas Polres Sampang Sosialisasi untuk pencegahan covid -19 dan bagi bagi...

MEMOonline.co.id, Sumenep – Bersama Forkopimda, Pemerintah Kabupaten Sumenep,...

Komentar