Antisipasi Air Meluap, Warga Desa Pasirian Lumajang Kompak Gotong Royong Bangun Plengsengan Sarana Irigasi

Foto: Masyarakat Pasirian menata batu pasangan plengsengan, dilakukan secara gotong royong
1533
ad

MEMOonline.co.id, Lumajang - Untuk mengantisipasi terjadinya luapan air  saat musim hujan, Pemerintah Desa bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan masyarakat Desa Pasirian melakukan kegiatan kerja bakti secara gotong royong membangun plengsengan sarana irigasi sepanjang 30 meter, yang bertempat di Dusun Kebonan Desa Pasirian Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu (16/2/2020). 

Babinsa Pasirian Koramil 0821/08 Pasirian Serka Sudjimun dalam kegiatan tersebut mengatakan, bahwa peran aktif Babinsa di desa binaannya selalu ditunjukkan dalam berbagai hal, terutama untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat, dengan mendukung pembanguna infrastruktur.

“Peran aktif Babinsa untuk selalu turun ke desa adalah kewajiban yang di amanahkan oleh Komando atas, selaku Pembina Desa kami harus selalu bersama masyarakat dalam segala hal, baik itu kesulitan masyarakat secara pribadi ataupun kelompok masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa pembuatan plengsengan tersebut bertujuan agar air tidak meluap ke jalan pada saat musim hujan. “Kami membantu pembuatan plengsengan ini agar segera cepat selesai, dan manfaatnya cepat bisa dirasakan oleh warga masyarakat,” imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua RW 001 Dusun Kebonan Desa Pasirian Ismi menyampaikan, bahwa selain penahan luapan air pada saat musim hujan, jalan pedesaan akan semakin lebar dengan pembuatan pelengsengan.

"Dengan lebarnya jalan pedesaan, rencana ke depan kami akan mengajukan rabat beton pada saat Musrenbangdes (Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa, red), sehingga jalan pedesaan ini dapat membantu kelancaran warga dalam menjalankan aktivitasnya," ujarnya.

Menurutnya, dengan didukungnya pembangunan plengsengan tersebut, warga sangat merasa terbantu atas peran serta Babinsa karena dengan peran aktif itu warga sangat dekat dengan TNI.

“Terimakasih kami ucapkan kepada Babinsa yang sudah bersusah payah membantu kami. Kami berharap Babinsa akan selalu hadir ditengah tengah kami masyarakat,” pungkasnya. (Hermanto)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember - Sebuah toko konveksi Distro Muslim Jember (DMJ) dilalap si jago...

MEMOonlune.co.id, Sumenep - Terbatasnya persedian APD yang dipakai para pejuang pencegahan penyebaran virus...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Teka teki pingsannya Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad...

MEMOonline.co.id, Malang - Ditengah minimnya alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang ada di...

MEMOonline.co.id, Sampang - Seorang laki laki R (inisial) umur 65 tahun, meninggal secara...

Komentar