Cegah Penyebaran Virus Corona, Pemkab Bekasi Lakukan Pemeriksaan Kesehatan TKA

Foto : Pemeriksaan Kesehatan TKA
135
ad

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) dengan beberapa lintas sektor yang ada melakukan pemeriksaan kesehatan dalam upaya pencegahan dan penyebaran Virus Corona (Covit’19) terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi.

Dinkes melakukan kunjungan ke PT. Mahkota Sentosa Utama (Meikarta) dan PT. Wuling Indonesia. Terdapat 7 (tujuh) orang TKA dari Tiongkok yang diketahui sedang melakukan medical check up di Rumah Sakit yang ditunjuk oleh perusahaan.

“Dari hasil pemeriksaan tersebut, TKA yang bekerja di PT Mahkota Sentosa Utama dan PT Wuling Indonesia dinyatakan sehat,” ungkap Sri Enny, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi.

Kemudian, Senin (10/2), Dinkes melakukan kunjungan kepada PT CSEC dan diketahui terdapat 48 orang TKA, dan 14 orang diantaranya diketahui melakukan perjalanan ke Tiongkok dalam 2 minggu terakhir dan semuanya dinyatakan sehat.

Akan tetapi, Dinkes mengarahkan agar 14 orang TKA yang melakukan perjalanan dalam 2 minggu terakhir diwajibkan untuk melakukan pengukuran suhu tubuh setiap hari sampai 14 hari waktu kedatangan.

“Kepada perusahaan yang diketahui ada 14 orang TKA telah melakukan perjalanan 2 minggu terakhir ke Tiongkok, agar dikarantina di tempat tinggalnya untuk meminimalisir kontak dengan TKA lain,” ujar Sri.

Dihari yang sama, Dinkes juga meninjau PT. Mengniu Dairy Indonesia yang terletak di Kawasan Industri KITIC juga telah melakukan pemeriksaan kepada 26 orang TKA yang bekerja disana dan hasilnya dinyatakan sehat. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri, menjelaskan bahwa proses pemeriksaan seseorang positif atau tidaknya terkena Virus Corona, membutuhkan waktu selama 2 minggu, karena proses inkubasi virus corona adalah 14 hari kerja. 

“Pemeriksaan kepada TKA yang bekerja di Kabupaten Bekasi diperkirakan akan selesai tanggal 18 atau 19 Februari mendatang,” ungkapnya.

Sri juga menghimbau kepada seluruh TKA agar menggunakan masker serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat dilingkungan perusahaan. Dan melaporkan setiap kejadian yang dicurigai atau mengarah ke virus corona. 

“Saya mengharapkan kerjasamanya kepada semua perusahaan yang ada agar selalu melaporkan kepada Dinkes setiap kejadian yang dicurigai mengarah ke virus corona,” tutup Sri. (Bam/Diens).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Kedatangan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, SE,...

MEMOonline.co.id, Sumenep – Demi memanjakan pengunjung, pengelola destinasi wisata Goa...

MEMOonline.co.id, Lumajang - Pasca pemanggilan dua pejabat pemkab Lumajang, diantaranya Kabag...

MEMOonline.co.id, Sampang - Ambruknya gedung di SDN Kara 2, Desa Kara,  Kecamatan Torjun, Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Askab PSSI Kabupaten Sumenep, Jawa Timur kembali akan...

Komentar