Dandim Solo Dampingi Menteri Pertanian RI Pantau Harga Ke Pasar Gede

Foto : Menteri Pertanian RI, Sahrul Yasin Limpo
540
ad

MEMOonline.co.id, Surakarta - Dandim 0735 Surakarta Letkol. Inf. Wiyata S Aji, SE, bersama Forkopimda Kota Surakarta dan Instansi lainnya mendampingi Menteri Pertanian melakukan operasi pasar di Pasar Gede Solo dengan sasaran cabe merah besar, cabe merah kriting dan bawang putih, Kamis (13/2/2020). 

Untuk diketahui, harga cabe dan bawang putih di 5 (lima) wilayah pasar yang ada di Kota Surakarta tersebut sudah melambung diatas Rp. 60 ribu per kilogram. 

Dalam operasi pasar yang dihadiri oleh Menteri Pertanian (Mentan), Sahrul Yasin Limpo, dan digelar di depan Pasar Gede Solo, Kota Surakarta tersebut, menjual cabe merah rawit @ Rp. 30.000,-/ kg, cabe merah @ Rp. 30.000,- /kg dan  bawang putih @ Rp. 30.000,- /kg.

Menteri Pertanian (Mentan) RI, Sahrul Yasin Limpo, dalam sambutannya, mengatakan  bahwa naiknya harga cabe dan bawang putih dipasaran terjadi karena dipicu oleh para distributor yang menampung dan menahan pasokan bawang putih dan cabe ke pasar. Distributor mengelurkan dengan cara sedikit demi sedikit seolah-olah bahwa pasokan dari petani tidak ada bahkan menghembuskan isu bahwa virus corona penyebab mahalnya harga bawang putih dan cabe di pasaran.

Lebih lanjut Menteri Pertanian, Sahrul Yasin Limpo, menyampaikan bahwa pihaknya sudah mengecek secara langsung di lapangan dan menyatakan bahwa isu tersebut tidak benar dan memang sengaja dihembuskan oleh para distributor serta merupakan permainan mereka.

Lantas Menteri Pertanian bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Ketahanan Pangan melakukan operasi pasar di seluruh Indonesia termasuk di Kota Solo dengan membawa serta bawang putih Cincow sebanyak 12 ton, Cabe merah rawit 5 ton, cabe merah biasa 5 ton, ke 5 wilayah pasar di Kota Solo dan Jogyakarta. 

Adapun lima pasar tersebut, yakni, Pasar Gede (Kec.Jebres), Pasar Harjosaksino ( Kec. Serengan di Pasar Danukusuman), Pasar Rejosari (Kec. Jebres ), Pasar Nusukan ( Kec.Banjarsari ) dan Pasar Gading ( Kec. Pasar Kliwon ).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPR RI Komisi IV, Lulu, Wakil Walikota Solo, Ahmad Purnomo, Kapolresta Surakarta, Kombes. Pol. Andy Rifai, Dandim 0735/ Ska, Letkol. Inf. Wiyata S. Aji, Kadin Perdagangan Kota Surakarta, Heru Sunardi, Camat Jebres, Sulistyorini serta para Lurah se-Kecamatan Jebres. (AK/Bam/Diens).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pelaksanaan Kalender Event yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Diaspora setempat,...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Ngatmini (50) warga Dusun Sriti Desa Sumber Urip Pronojiwo Lumajang, dievakuasi petugas gabungan TNI Polri dibantu warga...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ketua DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Abdul Hamid Ali Munir, mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan Ketua DPRD...

MEMOonline.co.id, Trenggalek- Bima Wahyu Syahputra atau yang lebih dikenal Bima adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id- Rasa cemas saya pun sulit untuk sekedar diredakan, apalagi hendak dihilangkan, atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) jika tidak...

Komentar