Tingginya Kriminalitas di Lumajang, Berbanding Dengan Sebaran Kemiskinan, Pengangguran dan Putus Sekolah

Foto: Kapolres Lumajang bersama Ketua DPRD Kabupaten Lumajang
1179
ad

MEMOonline.co.id, Lumajang - Ketua DPRD Kabupaten Lumajang Jawa Timur, Anang Akhmad Syaifuddin bersama Komisi A, mendatangi Mapolres Lumajang, Selasa (11/2/2020).

Mereka ditemui langsung oleh Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negera Siregar, berikut Wakapolres bersama pejabat teras polres setempat.

Kata Anang, hal tersebut merupakan bagian kunjungan kerja sebagaimana polres selaku mitra kerja komisi A DPRD Kabupaten Lumajang.

Ia berkeinginan, tidak hanya sekedar teknis terkait penanganan kriminalitas di Kabupaten Lumajang. Akan tetapi lebih mencermati, apa faktor yang mendasarinya.

"Tadi Kapolres juga menyampaikan kepada kami, soal analisa patologi sosial. Angka kemiskinan dan tingkat pengangguran masih tinggi, disparitas masih kita rasakan. Termasuk wilayah utara yang angka kriminalitasnya masih tinggi, disitu ternyata sebaran kemiskinan, sebaran pengangguran dan sebaran keputusan sekolah banyak disana," terang Anang.

Masih kata dia, tingkat kebutuhan dasar seperti air dan lain - lain masih belum terealisasi dengan baik.

Meyikapi akan hal itu, Anang yang merupakan politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa itu akan megeluarkan beberapa rekomendasi guna meningkatkan kinerja polres Lumajang.

Diwaktu yang sama, menanggapi pengutaraan Anang, Kapolres Lumajang AKBP Adewira Negara Siregar berkata, perlu keterlibatan semua pihak, terlebih pemerintah baik daerah maupun pusat.

"Itu salah satu pandangan sisiologis kita bersama. Namanya kriminalitas itu mungkin puncaknya dari faktor - faktor yang mendukung terjadinya hal tersebut. Misalnya, tingginya pengangguran, kemiskinan dan angka putus sekolah. Ini perlu adanya upaya bersama, termasuk kita berikan wawasan kepada masyarakat mana yang boleh dan mana yang tidak boleh dilakukan," ucap Adewira.

Selebihnya, orang nomer satu kepolisian resorr Lumajang itu menambahkan, perlunya keterlibatan masyarakat untuk mendukung kinerja polres lumajang guna meningkatkan stabilitas kamtibmas di wilayah hukum yang ia pimpin. (Hermanto)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang- TNI - POLRI turun tangan dengan cepat untuk membantu membersihkan rumah warga yang terdampak tanah longsor. Kejadian...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pelaksanaan Kalender Event yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Diaspora setempat,...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Ngatmini (50) warga Dusun Sriti Desa Sumber Urip Pronojiwo Lumajang, dievakuasi petugas gabungan TNI Polri dibantu warga...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ketua DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Abdul Hamid Ali Munir, mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan Ketua DPRD...

MEMOonline.co.id, Trenggalek- Bima Wahyu Syahputra atau yang lebih dikenal Bima adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

Komentar