Antisipasi Bencana saat Musim Hujan, TNI dan Masyarakat Desa Jeruk Tanam Bibit Pohon Bambu

Foto: Babinsa dan Plt Kades Jeruk bersama - sama membawa bibit bambu
406
ad

MEMOonline.co.id, Lumajang - Babinsa Jeruk Koramil 0821/04 Gucialit Serda Slamet Wigiyantoro membantu masyarakat melaksanakan penghijauan, dengan melakukan penanaman bibit pohon bambu di Desa Jeruk Kecamatan Gucialit Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (30/11/2019)

Saat kegiatan tersebut, Wigiyantoro mengatakan, bahwa kegiatan penghijauan dengan menanam bibit pohon bambu tersebut, tujuannya adalah untuk menghindari bencana tanah longsor yang kemungkinan terjadi pada saat musim hujan, dengan areal tanam sekitar tiga hektare yang terletak diperbatasan hutan Desa Jeruk.

Dirinya berharap, dengan penanaman bibit pohon bambu selain bermanfaat untuk mencegah bencana alam juga bisa membantu keperluan penunjang hidup, seperti membuat rumah atau perabotan rumah tangga, sehingga mendatangkan manfaat ekonomi dan bisa meningkatkan taraf hidup warga masyarakat.

"Dengan penanaman bibit pohon bambu ini, Ekosistem air akan bisa terjaga, dan air bisa meresap dengan baik melalui akar-akar pohon bambu sehingga tanah stabil dan terhindar dari Erosi atau Longsor," ujarnya 

Sementara itu, Pj. Kepala Desa Jeruk Eko Suliyono mengatakan, bahwa dirinya berharap kepada masyarakat, setelah penanaman bibit pohon bambu tersebut dapat menjaga dan merawatnya bersama-sama, sehingga pohon-pohon bambu dapat tumbuh subur dan ekosistem air terjaga di wilayah Desa Jeruk dan sekitarnya.

"Mewakili masyarakat, kami mengucapkan terima kasih kepada Babinsa atas kerja sama yang terjalin, sehingga kegiatan penanaman bibit pohon bambu dapat berjalan dengan aman dan lancar," pungkasnya. (Hermanto).

 

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Malang - Komisi D DPRD Kota Malang yang merupakan bagian dari Metra kerja Jajaran...

MEMOonline.co.id, Sampang - Kebakaran hebat terjadi di Dusun Kendel, Desa Baruh, Kec/Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Pamekasan - Diduga Kurang memperhatikan arus lalu lintas saat mengemudi, pengendara...

MEMOonline.co.id' Lumajang - Pergeseran jabatan di internal Kepolisian Resort Lumajang Jawa...

MEMOonline.co.id, Probolinggo - Mendengar informasi tentang ambruknya jembatan BJBR,Dinas Kepemudaan,Olahraga dan...

Komentar