Sambut Hari Kesehatan Nasional Ke-55, Pemkab Bekasi Gelar Donor Darah

Foto : Aksi Donor Darah Kabupaten Bekasi
673
ad

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55, Pemkab Bekasi menyelenggarakan serangkaian kegiatan, salah satu diantaranya yakni menyelenggarakan kegiatan aksi Donor Darah Kabupaten Bekasi (Dokasi) yang dilaksanakan di Gedung Wibawa Mukti Komplek Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jumat (29/11/2019).

Penyelenggaraan kegiatan tersebut dilakukan juga dalam rangka memperingati Hari KORPRI Ke-48, HUT PGRI Ke-74, Hari Guru Nasional Ke-25, dan HUT Dharma Wanita Persatuan Ke-20 Tingkat Kabupaten Bekasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti, mengatakan bahwa kegiatan dilakukan khusus ditujukan untuk masyarakat yang membutuhkan, terutama untuk ibu hamil, ibu bersalin dan penderita thalasemia.

“Thalasemia di Kabupaten Bekasi ada 140-an kasus ya, di tahun 2019. Kita mencoba mencegahnya lewat penyuluhan dan pemberian edukasi untuk mengantisipasi agar tidak bertambah. Untuk ibu bersalin juga, sebab angka kematian ibu yang paling tinggi itu pendarahan. Tapi semua tetap kita support, untuk semua yang membutuhkan,” katanya.

Dalam rangka mewujudkan kesehatan bersama, Sri, berpesan bahwa hal tersebut dapat terwujudkan apabila semua pihak berkolaborasi dan berintegerasi, baik dari pihak intra sektor, swasta dan semua lapisan masyarakat,

“Kita mengajak semua lapisan masyarakat. Semuanya harus terlibat untuk mem-back up kesejahteraan semua. Untuk pelayanan kesehatan, kita usahakan semaksimal mungkin kita dekatkan ke masyarakat, “ujarnya.

Sri juga berpesan kepada seluruh petugas kesehatan, selain memperhatikan kesehatan masyarakat, juga harus memperhatikan kesehatan pribadi.

“Ini adalah momentum, bahwa semua yang kita kerjakan itu nomor satu untuk perbaikan kesehatan masyarakat. Selain dari mengupayakan kesehatan masyarakat, kita pribadi harus mulai menjaga dan peduli kepada kita sendiri sebagai petugas kesehatan.” tandasnya.

Ditemui ditempat yang sama, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bekasi, Ny. Iin Uju, yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah tersebut, berharap kegiatan seperti donor darah dapat berlangsung rutin dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Donor darah ini baik sekali untuk kesehatan ya. Saya sangat mendukung kegiatan ini, memang bagus sekali. Mudah-mudahan untuk seterusnya dapat terus dilaksanakan ya,” ujarnya.

Adapun rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HKN telah dilakukan secara bertahap sejak 25 Oktober lalu, seperti kegiatan donor darah bersama organisasi profesi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), tes kesehatan pengemudi, kegiatan cuci tangan pakai sabun di sekolah, khitan massal, pemberian kacamata gratis di Sekolah Dasar, dan lomba penilaian ambulans se-Kabupaten Bekasi. Adapun kegiatan-kegiatan hiburan seperti lomba memancing dan lomba futsal. Puncak acara akan dilaksanakan 4 Desember mendatang dengan kegiatan senam Germas bersama dan pembagian hadiah-hadiah lomba. (Bam/Diens).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah dijadikan momentum untuk berbagi rasa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Jember- Bupati Jember Hendy Siswanto melaksanakan program Jember Bershodaqoh (J-Bershodaqoh) di Kecamatan Balung yang meliputi 8...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membagikan ilmu jurnalistik kepada puluhan...

MEMOonline.co.id, Padang- Hafiz Rahman Hakim atau yang lebih dikenal Hafiz adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pembangunan Kantor baru gedung DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang peletakan batu pertamanya dilkukan pada 21 Agustus...

Komentar