Wakapolda Jatim Tinjau Lokasi Kebakaran Hutan di Gunung Semeru

Foto: Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Toni Harmanto
523
ad

MEMOonline.co.id, Lumajang - Wakapolda Jatim Brigjen Pol Toni Harmanto, mendatangi Desa Ranu Pani Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin (30/9/2019).

Maksud dan tujuan kedatangan Wakapolda Jatim saat itu, untuk meninjau secara langsung lokasi kebakaran hutan yang terjadi dalam beberapa hari belakangan ini.

Turut mendampingi Wakapolda Jatim saat itu, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MM MH, Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Ahmad Fauzi, pihak TNBTS berikut pemerhati lingkungan setempat.

Wakapolda Jatim menyempatkan diri membuka forum diskusi, membahas soal kebakaran yang terjadi. Membuat ikhtisar guna menarik kesimpulan dan menentukan langkah berikutnya.

"Kami menindak lanjuti terkait adanya pemberitaan yang menyampaikan jika saat ini ada hotspot (titik api) kembali didaerah semeru," kata Wakapolda.

Diwaktu sebelumnya, dalam 2 pekan terakhir imbuh Wakapolda ada 35 titik api terpantau dari satelit akan tetapi atas upaya dan langkah yang dilakukan bersama - sama, titik api tersebut berhasil dipadamkan.

"Pagi tadi, memang ada 4 titik api, dan kita memastikan kembali lokasi titik api tadi. Terlebih memastikan sumber api," tukas Wakpolda.

Infomasi yang diterima Wakapolda Jatim dari pihak terkait, didapat jika titik api berada di luar jangkauan masyarakat atau para pendaki yang kerap muncak ke gunung semeru. Lokasi titik api berada di area larangan.

"Pantauan dari udara tadi, lokasi titik api berada di lereng tebing. Yang memungkinkan bahwa, ini bukan akibat perbuatan manusia secara sengaja," terang dia.

Pihaknya akan terus berupaya bersama pihak yang lain, agar seluruh titik api bisa dipadamkan. (Hermanto)

 

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep - Setiap harinya, ratusan pelaku usaha mikro berbondong-bondong mendatangi kantor Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah...

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Program Indonesia Pintar (PIP) diduga tidak tepat guna. Hal tersebut membuat sekelompok aktivis melakukan...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Berdasarkan UU Nomor 28 Tahun 2002, PP Nomor 36 Tahun 2005, dan Permen PUPR Nomor 27 Tahun 2018,...

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Penertiban disiplin protokol kesehatan (Prokes) terus digencarkan Polres...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumenep Madura terus soroti program bantuan ternak sapi...

Komentar