Petani Garam di Sumenep Menjerit, Serapan Sedikit. Peran PT Garam ?

Foto: istimewa
402
ad

Membongkar Persoalan Garam di Madura (I) 

MEMOonline.co.id, Sumenep - Sampai detik ini, harga garam rakyat di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sampai saat ini boleh dibilang belum stabil. 

Harga kristal putih ditingkat petambak Rp 450 ribu per kwintal untuk kwalitas 1 dan Rp400 ribu per kwintal untuk kwalitas 2. 

Harga tersebut lebih rendah dibandingkan harga garam tahun sebelumnya yang mencapai Rp700 ribu perkwintal atau Rp7 ribu per kilogram. 

"Kalau dibandingkan harga tahun sebelumnya ya murah tahun ini," kata Syamsuri, petambak garam asal Kecamatan Kalianget, Senin (30/9/2019). 

Harga tersebut dibenarkan oleh Rustam Hidayat salah satu pedagang Garam asal Sumenep. Saat ini kata dia harga garam Rp450 ribu per kuintal untuk kwalitas 1 dan Rp400 ribu perkuintal untuk kwalitas 2. 

Selama ini kata dia sering memasok garam ke daerah Surabaya, salah satunya kepada pabrikan PT Susanti Megah, Vica dan PT Unichem.

"Penjulan ke Sursabaya," katanya pada media ini. 

Menurutnya, dia memasok garam ke perusahaan di Surabaya karena kuota tidak dibatasi meski harga lebih murah dibandingkan di PT Garam (Persero). 

Harga Garam di PT Garam kata dia saat ini Rp700 ribu perkuintal atau Rp7 ribu per kilo. Hanya saja kata dia setiap suplayer oleh PT Garam dibatasi satu truck setiap minggu atau berkisar 8-9 ton garam rakyat. 

"Kalau PT Garam itu kan dana dari Pemerintah, sekarang buka (melakukan penyerapan) juga, tapi dibatasi 1 truck setiap minggu," ungkapnya. 

Tahun ini kata dia PT Garam untuk di Sumenep hanya melakukan penyerapan sebanyak 3 ribu ton. 

"Kalau misalnya ada 10 suplayer, kan ini hanya sekitar 30 ton saja," terangnya. Bersambung... (Tim/red)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id.Jember - Mengantisipasi dampak wabah virus Covid-19, Polres Jember melaksanakan Tactical Floor Game Sistem...

MEMOonline.co.id, Jember - Sebuah toko konveksi Distro Muslim Jember (DMJ) dilalap si jago...

MEMOonlune.co.id, Sumenep - Terbatasnya persedian APD yang dipakai para pejuang pencegahan penyebaran virus...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Teka teki pingsannya Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad...

MEMOonline.co.id, Malang - Ditengah minimnya alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis yang ada di...

Komentar