Pembahasan Tatib Anggota DPRD Sumenep Dikebut, Sembilan dari 12 Pasal Sudah Terselesaikan

Foto: Akis Jazuli, Ketua Pansus Tatib DPRD Sumenep
132
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Meski belum sebulan dibentuk, panitia khusus (Pansus) Pembahasan tata tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, sidah menyelesaikan sembilan pasal.

"Sudah sembilan pasal dari 12 pasal yang harus selesai dibahas. Yang jelas ini sudah lebih banyak yang selesai diri pada yang akan dibahas," kata Akis Jazuli, Ketua Pansus Tatib DPRD Sumenep, Selasa (17/9/2019).

Menurutnya, pembahasan Tatib tersebut harus segera diselesaikan, karena akan dijadikan acuan para Wakil rakyat utusan dari berbagai Fraksi  kedepan.

"Prinsipnya semua pasal dan bab kita bahas secara maksimal," jelasnya.

Salah satu pasal yang sangat krusial kata Akis, mengenai jumlah anggota dan pendistribusian fraksi disetiap komisi. 

Sesuai tatib yang baru kata dia jumlah komisi maksimal berjumlah 14 anggota dan minimal 10 anggota. "Artinya tidak boleh satu fraksi itu lebih dari 15 orang," jelasnya.

Sementara fraksi kata dia hanya diperbolehkan menempatkan kadernya maksimal tiga orang. Itu dilakukan untuk menghindari penumpukan anggota dari fraksi tertentu di komisi.

"Ini yang membedakan dengan tatib lama, kalau yang lama penempatan anggota menggunakan asas perimbangan dan pemerataan. Artinya tidak ada batasan bagi fraksi untuk menempatkan kadernya di komisi," tutur politisi muda asal Kecamatan Talango itu.

Mantan aktivis Malang itu menargetkan pembahasan Tatib ini dalam waktu dekat bisa diselesaikan. "Dalam minggu ini kami selesaikan," tegasnya. (Ita/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang - Gusdurian Peduli sebagai lembaga filantropi besutanJaringan Gusdurian...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Sejak tahun 2018 PT Garam (Persero) men-declare pindah kantor ke Sumenep. Namun, kembalinya perusahaan negara (BUMN) itu...

MEMOonline.co.id, Pali – Sampai saat ini, uang transport guru yang sejatinya diperuntukkan untuk menunjang kinerja para guru honorer di Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Sampang  - Penetapan dari Bakal Calon Kades ke Calon Kades secara serentak di Kabupaten Sampang Madura Jawa Timur...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Sebanyak 756 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi...

Komentar