Kabupaten Bekasi Akan Bangun Pusat Data Nasional Berskala Internasional

Foto : Pembahasan Rencana Pembangunan Pusat Data Nasional
779
ad

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Bertempat di Ruang Rapat Bupati, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja, didampingi para Asisten Daerah dan Kepala SKPD menerima kunjungan kerja Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, dalam rangka menjalin hubungan kerjasama jangka panjang mengenai pembangunan Pusat Data Nasional di wilayah Kabupaten Bekasi, Senin (16/9/2019).

Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, Bambang Dwi Anggono, menjelaskan dalam pertemuan tersebut bahwa terdapat tiga fungsi utama Pusat Data Nasional.

“Pertama, melayani seluruh kantor pemerintah dari pusat sampai desa, baik yang di dalam negeri maupun yang di luar negeri, seperti KBRI juga akan dilayani. Kedua, menyediakan jaringan intra pemerintah, untuk mengamankan seluruh jaringan seluruh Indonesia, dimana pusat kendalinya berada di data center. Kemudian fungsi ketiga, yaitu menyediakan titik penghubung layanan yang berfungsi mengintegrasikan sistem-sistem data yang ada di Indonesia menjadi satu data, karena terdapat data-data yang berbeda di masing-masing instansi pemerintahan,” jelasnya.

Bambang melanjutkan, Kabupaten Bekasi adalah tempat yang paling siap, dan memenuhi 62 kriteria persyaratan dalam pembangunan Pusat Data Nasional, seperti persyaratan yang utama yakni persyaratan keamanan dari potensi bencana (alam, industri, dan sosial), ketersediaan energi, ketersediaan sistem telekomunikasi, pemerataan pembangunan, dan prospek kawasan.

Lahan yang akan digunakan, masih Bambang, memakai skema hibah, atau kerjasama jangka panjang antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Terdapat tiga lahan di Kabupaten Bekasi yang telah di survey untuk program pembangunan tersebut, yakni di wilayah Delta Silicon Lippo Cikarang, sekitar Komplek Pemda Kabupaten Bekasi, dan sekitar Tol Deltamas. 

"Namun saat ini masih dalam tahap diskusi dan pemastian status ketiga lahan tersebut," ungkapnya.

Sementara, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengatakan bahwa Pemerintah Daerah siap mendukung dan membantu dalam pembangunan Pusat Data Center tersebut, dan berharap akan membawa bermanfaat untuk Kabupaten Bekasi.

“Pemerintah Daerah akan siap mendukung pembangunan Pusat Data Nasional di Kabupaten Bekasi. Tentu saja harapannya Kabupaten Bekasi dapat menerima manfaat yang besar dalam pembangunan Pusat Data Center yang bersifat nasional ini,” singkat Bupati Eka dalam sambutannya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfosantik Kabupaten Bekasi, Rohim Sutisna, mengungkapkan, bahwasanya Indonesia selama ini diragukan telah berdaulat secara informasi, karena belum memiliki infrastruktur TIK dan Pusat Data yang mumpuni.

"Dengan adanya Pusat Data ini akan mewujudkan kedaulatan informasi, baik di tingkat pusat maupun daerah," pungkasnya.

Untuk diketahui, pembangunan Pusat Data Nasional ini sebagai salah satu perwujudan program strategis nasional, dalam rangka penguatan infrastruktur e-Government oleh Kominfo RI.

Pusat Data Nasional yang akan dibangun di Kabupaten Bekasi merupakan pusat data yang paling besar dan berkelas internasional, yang akan menyerap 20.000 ASN bersertifikasi dengan berbagai macam keahlian serta skill untuk operasionalnya. Pembangunan Pusat Data Nasional tersebut rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2020.

Selain di Kabupaten Bekasi, Pusat Data Nasional juga akan dibangun di Kota Batam, Kota Bitung, dan Ibukota Negara. (Bam/Diens).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Potret kurang matangnya tata kelola kesenian di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadi pengantar diskusi hangat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar rapat paripurna dengan acara nota penjelasan bupati...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah dijadikan momentum untuk berbagi rasa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

Komentar