Diklatsar Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat Kabupaten Bekasi

Foto : Pendidikan dan Latihan Dasar FKDM oleh Bakesbangpol Kabupaten Bekasi
251
ad

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Utara - Untuk mewujudkan ketenteraman, ketertiban, keamanan dan perlindungan masyarakat, perlu dilakukan upaya nyata. Salah satu pelaksanaan upaya waspada dini dan cegah dini yaitu temu cepat dan lapor cepat yang diwadahi dalam Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), menggelar Diklatsar Cegah Dini dan Deteksi Dini bagi anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan se-Kabupaten Bekasi, di Grand Cikarang Hotel, Cikarang Utara, Selasa, (10/9/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bakesbangpol, Perwakilan Kodim dan Polres Kabupaten Bekasi, para pengurus FKDM Kecamatan dan Kasi Tramtib se-Kabupaten Bekasi.

Menurut Kasi Trantib Kecamatan Tambun Selatan, Ateng Harisudin, bahwa tujuan Diklatsar, dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman, wawasan dan kemampuan deteksi dini, cegah dini dan sistem penanganan bagi aparatur pemerintah, anggota fungsionaris FKDM, dan seluruh elemen masyarakat.

“Kecamatan Tambun Selatan merupakan daerah pemukiman penduduk yang sangat padat, sehingga sangat dimungkinkan akan timbulnya kerawanan keamanan, kriminalitas, bencana dan lain sebagainya,” katanya.

Menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman, lanjut Ateng, merupakan tanggung jawab bersama. Karena itu, pentingnya partisipasi seluruh elemen masyarakat untuk menjaga keamanan melalui kewaspadaan dini dan deteksi dini.

“Kewaspadaan dini merupakan kondisi kepekaan, kesiap-siagaan dan antisipasi mengatasi timbulnya gangguan,” jelasnya.

Karena itu, masih Ateng, diperlukan komunikasi dan sinergi antara FKDM Kecamatan dengan FKDM Desa/ Kelurahan yang ada di Kecamatan Tambun Selatan, agar tercipta hubungan yang harmonis dengan semua lapisan masyarakat.

"Maka diperlukan sosialisasi kepada masyarakat tentang kewaspadaan dan deteksi dini. Karena tindakan pencegahan lebih bagus dari pada pemecahan masalah,” tuntasnya. (Bam/Diens).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep - Warga Dusun Makalah, Desa Padangdangan, Kecamatan...

MEMOonline.co.id, Jember – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Jember,...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Dihadapan para Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Staf Ahli di lingkungan Pemerintah Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur kembali melakukan penyegadan sejumlah jajaran Kepolisian...

MEMOonline.co.id, Sampang - Pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten...

Komentar