Fraksi PDI Minta Pimpinan DPRD Sementara Segera Bahas Tatib

Foto: H. Zainal Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumenep
203
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Ketua Fraksi Partai Demokrasi Indonesia (FPDI) Perjuangan, DPRD Sumenep, H. Zainal Arifin mendesak ketua DPRD Sumenep sementara segera menjadwalkan pembahasan tata tertib (tatib).

"Kami mendesak pimpinan sementara untuk mengagendekan pembahasan tatib," katanya pada sejumlah media.

Dikatakan, tatib bersifat mendesak karena sebagai pijakan hukum atas kegiatan kedepan.

"Tatib itu sebagai instrumen yang akan menjadi rujukan pembentukan alat kelangakpan, karena tatip ini adalah rule of game aturan main dari proses pembentukan fraksi-fraksi, jadi itu yang paling mendesak," kata Zainal menegaskan.

Selain itu, kata dia apabila pembahasan tatib tidak disegerakan maka akan terdapat beberapa kegiatan yang terbengkalai, bahkan bisa mengakibatkan pembahasan APBD 2020 lambat.

Meski Zainal menyadari mengacu pada PP Nomor 12 tahun 2018, semua pembahasan mengenai anggaran hanya cukup dibahas di badan anggaran (Banggar).

"Tapi kan dalam PP itu tidak menjelaskan instrumen pembahasan, apakah harus melalui Pokja atau harus melalui Pansus. Karena di Sumenep ada 32 OPD yang tidak mungkin jika harus masuk di Banggar semua," tegasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Sumenep sementara H. Abd. Hamid Ali Munir mengatakan, pembahasan tatib bakal dilakukan dalam waktu dekat ini, menyusul selesainya pembentukan fraksi-fraksi. 

Direncanakan kata dia, pembahasan tatib akan dimusyawarahkan bersama fraksi-fraksi, meski tugas utama pembahasan tatib merupakan domain pimpinan sementara. "Kalau tidak ada halangan besok pembahasan tatib dilakukan," tegasnya pada sejumlah media. (Ita/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Kota Malang - Kapolresta Malang, AKBP Leonardus HarapantuaSimarmata Permata menggelar kunjungan...

MEMOonline.co.id, Sampang - Mangkirnya camat dan 6 lurah atas pemanggilan yang dilakukan oleh DPRD...

MEMOonline.co.id, Summenep – Warga sekitar perairan laut Pulau /kecamatan Sapeken, Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Sampang -  Bocah Laki Laki namanya viral di Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur,  lantaran...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Kapal Motor Perintis Dharma Bahari Sumekar III dikabarkan menabrak karang dan kandas saat lepas dari Pelabuhan...

Komentar