Kini, 'Candi Bumi Ayu' Yang Terlupakan Mulai Dilirik

Foto: Candi Bumi Ayu di Kabupaten Pali
1276
ad

MEMOonline.co.id, Pali – Setelah dilakukan peremajaan, salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Pali, mulai diminati pengunjung.

Saat ini, situs peninggalan sejarah jaman kerajaan Sriwijaya yakni Candi Bumi Ayu, yang ada di Desa Bumi Ayu, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Pali, mulai dilirik para wisatawan.

Tak heran bila dalam setiap minggunya, utamanya pada hari libur, Candi Bumi Ayu dikunjungi antara 500 hingga 1000 orang pengunjung.

Pasalnya, museum candi yang diketahui keberadaanya sekitar tahun 1860 M ini, mulai dilakukan peremajaan. Sehingga pemandangannya lebih asri ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau diketahunya candi ini, sekitar tahun 1860 M, tapi waktu itu belum dikelola, dan candi-candinya masih banyak yang tertutup tanah. Baru sekitar tahun 1990 M, candi ini dikelola  pemerintah, dan di jadikan objek wisata,” kata  Bapak Alami, salah satu petugas pengurus candi. Minggu (21/1/2018). 

Menurutnya, candi yang pernah didatangi peneliti dari tiga negara, yakni Jepang, Cina, dan Indonesia sendiri,  merupakan situs peninggalan sejarah zaman kerajaaan Sriwijaya.

Candi Bumi Ayu saat ini terus berbenah diri, ditempat tersebut  sekarang lagi dibangun gedung museum yang mewah.

“Pengunjung yang datang ke candi ini mulai ramai. Mereka yang datang banyak yang dari luar daerah. Bahkan kalau hari-hari besar agama Hindu, banyak umat agama hindu yang datang dan beribadah disini. Bahkan mereka sampai membangun tenda di areal candi,” timpal salah seorang petugas parkir, di kawasan candi bumi ayu.

Untuk diketahui, Candi Bumi Ayu di Pali, mempunyai 12 tempat,  tapi yang terbuka atau yang telah dikelolah baru lima candi. Yakni  candi 1 candi II candi III candi VII dan candi VIII. Sementara beberapa candi lainya belum di kelolah. (Syam/ita/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Surabaya- Akhir-akhir ini dunia dikejutkan dengan serangan Iran kepada Israel melalui ratusan rudal balistik dan drone. Sebagian...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Banjir yang melanda sebagian wilayah di kabupaten Lumajang, menjadi atensi bagi Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Klakah Polres Lumajang Jawa Timur, terus berinovasi dalam rangka menjaga keamanan wilayah hukum yang ia...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Sudah 3 (tiga) periode Kabupaten Bekasi berada di bawah kepemimpinan Dani Ramdan sebagai PJ Bupati Bekasi, namun...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Satresnarkoba Polres Lumajang berhasil mengamankan berinisial AR (39) yang hendak mengedarkan pil koplo, Rabu...

Komentar