Merasa Didzalimi, Balon Kades Kalebengan Bersama Warga  Luruk Pak Camat Rubaru 

Foto: Balon Kades Kalebengan bersalaman dengan pak camat Rubaru
3369
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Sejumlah warga bersama dengan salah satu Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) Kalebengan ngeluruk kantor Kecamatan Rubaru, Sumenep. Sebab, dirinya merasa didzalimi dengan tidak mendapatkan surat keterangan sebagai perangkat desa. 

Pantauan media ini di lokasi, Selasa, (3/9/2019), warga bersama dengan calonnya mendatangi kantor kecamatan. Kedatangan mereka guna mempertanyakan alasan Camat Rubaru, Arif Susanto, menarik kembali surat keterangan sebagai perangkat desa, Achmad Darus, yang pernah diberikan sebelumnya. 

Achmad Darus mengatakan, sebenarnya dirinya pernah diberikan Surat Pernyataan Sebagai Perangkat Desa Kalebengan oleh Camat Rubaru. Namun, beberapa hari kemudian ditarik kembali oleh camat dengan alasan ada kesalahan teknis. 

"Namun, hingga akhir pendaftaran ternyata surat keterangan dari Camat masih belum diberikan kepada kami sebagai calon kades yang sudah mendaftar kepada panitia. Makanya kami datang untuk mempertanyakan kembali," tegas Achmad Darus.

Sementara itu, Camat Rubaru Arif Susanto mengatakan, Surat Keterangan bukan termasuk syarat utama calon kepala desa. Surat Pernyataan hanya sebagai syarat tambahan apabila calon di sebuah desa lebih dari lima calon. 

"Makanya, kepada panitia Pilkades Kelebengan kami mewanti - wanti agar tidak menggagalkan calon kades yang hanya kurang Surat Keterangan. Sebab, itu bukan syarat umata," tegas Camat Rubaru, Arief Susanto. 

Terkait Surat Pernyataan ditarik, diakuinya, bukan dalam rangka mengganjal cakades. Tetapi, agar yang bersangkutan melengkapi keterangan saksi yang satu priode dengan calon tersebut. Jika sudah ada, maka langsung dibuatkan lagi surat keterangan tersebut. 

"Sekarang, masih ada satu saksi. Tinggal satu lagi saksi yang satu priode dengan cakades itu. Jadi, masih ada sisa waktu hingga 17 September untuk melengkapinya ke panitia," tegasnya. 

Pihaknya memastikan, calon tersebut tidak akan terganjal atau gugur hanya karena tidak ada surat keterangan atau pernyataan sebagai calon yang pernah menjabat sebagai Perangkat Desa Kalebengan.

Setelah mendapatkan penjelasan dari Camat Rubaru, warga yang ngeluruk langsung bersalaman dan pamit. Mereka berjanji akan segera melengkapinya. (Dus/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep - Warga Dusun Makalah, Desa Padangdangan, Kecamatan...

MEMOonline.co.id, Jember – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Jember,...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Dihadapan para Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Staf Ahli di lingkungan Pemerintah Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur kembali melakukan penyegadan sejumlah jajaran Kepolisian...

MEMOonline.co.id, Sampang - Pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten...

Komentar