Bhinnika Tunggal Ika,Dikemas Dengan Bersholawat Bersama Masyarakat

Foto: Antirogo Fashion Carnaval (AFC) 2019
46
ad

MEMOonline.co.id.Jember-,Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur menggelar Antirogo Fashion Carnaval (AFC) 2019 Minggu (18/08) lalu. Kegiatan itu dikemas dengan shalawat bersama masyarakat setempat.

Camat Sumbersari, Iswandi dalam sambutannya mengatakan, sangat penting bagi masyarakat untuk menjaga peesatuan. Kata dia, Indonesia yang berdiri terdiri dari berbagai element, mulai dari perbadaan suku, agama, ras, dan etinis. Kata Iswandi, semua bersatu dalam Bhinneka Tunggal Ika.

"Kita diwarisi filosofi Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mengrwa yang dilembagakan dalam tata pemerintahan dan menjadi ideologi Majapahit," katanya.

Dikonformasi terpisah oleh media ini, dia menyatakan, dengan adanya Bhinneka Tunggal Ika itu akan meredam semua permasalahan yang ada, termasuk perbedaan.

"Jaminan kebebasan beragama tersebut mampu meredam konflik internal antara pemeluk agama Buddha dan Syia,sehingga dengan persatuan Majapahit bisa membangun imperium dunia pada abad ke-14," katanya, Kamis (22/08).

Filosofi itu, kata dia sangat indah karna dapat menjamin kesetaraan dalam segala bidang. "Filosofi tersebut sangat indah karna tidak hanya menjamin kesetaraam dalam kebhinekaa agama, tetapi juga suku, maupun golonga  indonesia, karena agama sering melekat dengan ketiganya," tegasnya.

Sementara itu, saat acara dilakukan pada hari minggu lalu, Lurah Antirogo, Jupriyanto memberikan penghargaan pada siswa terbaik pada acara itu. "Kita harus saling menghormati, menghargai terkait perbedaan itu. Karena disini kita semua sama, yakni Bhinneka Tunggal Ika," katanya saat memberikan penghargaan.

Ia juga berharap masyarakat bisa saling menghormati antar sesama. "Kita harus saling menghormati antara satu dengan yang lainya, dan senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa," tegasnya.

Pasa acara yang dihadiri Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) dan staf Kecamata Sumbersari itu, Ustad Ahmad Nafi juga meminta masyarakat untuk menghargai jasa pahlawan yang telah memperjuangkan NKRI. (Inul)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep - Warga Dusun Makalah, Desa Padangdangan, Kecamatan...

MEMOonline.co.id, Jember – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Jember,...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Dihadapan para Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Staf Ahli di lingkungan Pemerintah Kabupaten...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur kembali melakukan penyegadan sejumlah jajaran Kepolisian...

MEMOonline.co.id, Sampang - Pimpinan definitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten...

Komentar