Peringatan Hari Veteran Nasional Indonesia ke- 62 

Foto:Walikota didampingi Wakil Walikota Batu, Gubernur Jawa Timur, Pangdam V Brawijaya saat sesi foto bersama para LVRI.
1094
ad

MEMOonline.co.id, Kota Batu - Legiun Veteran RI (LVRI) DPD Jawa Timur memperingati Hari Veteran Nasional Indonesia ke - 62 tahun 2019, dengan tema "LVRI bersama Pemerintah dan masyarakat siap melanjutkan pewarisan nilai - nilai kejuangan 45 kepada generasi penerus bangsa". Selasa (13/8/2019) di Gedung Graha Pancasila Balaikota Among Tani, Kota Batu.

Hadir dalam kegiatan ini Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnu Prasetyo Budi, Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota Batu Ir. H. Punjul Santoso, Walikota Malang Sutiaji, Plt. Bupati Malang Sanusi, Bakorwil Malang Benny Sampir Wanto, Muspida Malang Raya, DPD LVRI Jawa Timur dan Dewan Pertimbangan LVRI Jawa Timur, Dewan Harian Daerah (DHD 45) serta seluruh anggota LVRI Malang Raya.

Ketua DPD LVRI Jawa Timur Brigjen TNI Purn. Drs. Ismadi, membacakan sambutan Ketua Umum LVRI Letjen TNI (Purn) Rais Abin, bahwa peringatan hari veteran ini merupakan penghargaan kepada para veteran pejuang kemerdekaan atas perjuangan dan pengorbanan di masa revolusi fisik.

"Peringatan ini sebenarnya bukan saja dirayakan oleh dan untuk anggota veteran tetapi harus dirasakan oleh rakyat Indonesia. Peringatan 10 Agustus bukan sekedar mengenang terjadinya gencatan senjata tapi juga memaknai momentun itu sebagai kemenangan para pejuang kemerdekaan yang bersama - sama dengan rakyat berjuang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia," terangnya.

Sementara itu Wali Kota Batu Dra. Dewanti Rumpoko, mengucapkan rasa terima kasih atas dijadikannya Kota Batu sebagai tempat peringatan Hari Veteran Nasional. Sebab, selama 18 tahun Kota Batu berdiri mengalami kemajuan dan perkembangan yang sangat bagus yang semua ini tidak lepas dari perjuangan para pejuang veteran.

"Pemerintah Kota Batu memberikan rumah bagi veteran dan setiap tahunnya memberikan tali asih sebanyak empat kali kepada para veteran yang tergabung dalam LVRI ini, yaitu yang diberikan pada momen sebelum Hari Raya Idul Fitri, HUT RI, HUT Kota Batu dan Peringatan Hari Pahlawan 10 November, yang telah berjasa berjuang dan mempertahankan kemerdekaan ini," ucap Budhe sapaan Walikota Batu itu dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI R. Wisnu Prasetyo Budi, juga  mengatakan, bahwa peringatan hari veteran ini dapat meningkatkan semangat dan motivasi dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Jiwa dan semangat patriotisme dan nilai - nilai perjuangan ini tetap terpatri dalam jiwa sanubari para veteran, yang merupakan salah satu komponen perintis pendiri Bangsa Indonesia yang diharapkan tetap konsisten berperan aktif turut membantu menyelesaikan persoalan bangsa sesuai dengan visi dan misi organisasi. Juga mewariskan nilai - nilai juang 45 dan nilai proklamasi kemerdekaan kepada penerus bangsa demi tetap tegaknya cita - cita kemerdekaan yang kita dambakan bersama," paparnya.

Gubernur Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, menambahkan, kegiatan semacam ini menjadi penting untuk membangun semangat antar generasi.

"Dimana bangsa ini hadir karena perjuangan dan dedikasi yang luar biasa oleh pendahulu kita, salah satunya veteran, kita harus bergandeng tangan," pesan Gubernur.

Meski demikian, ia juga mengajak untuk bersama-sama mengusir lawan dan menghimpun kawan, serta membangun integritas warga Jawa Timur untuk menjaga NKRI.

Pada kesempatan ini Gubernur Jawa Timur bersama Wali Kota Batu dan Pangdam V Brawijaya  juga menyerahkan bantuan kepada Veteran berupa uang insentif dan sembako serta mobil operasional DPD LVRI Jawa Timur. (Humas Pemkot Batu/hadi/Risma)

 

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id- “Emergency! Sangat penting.” Itulah pesan saya terima dari asisten. Ia menyela meeting saya hari...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah digelar acara halal bihalal dan silaturahmi bersama jajaran...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Yosowilangun Polres Lumajang, perketat penjagaan di pintu masuk wisata pantai Mbah Drajid Desa Wotgalih...

MEMOonline.co.id, Kalimantan Timur - Madura United sebagai tim tamu melibas tuan rumah Borneo FC dengan 4 gol tanpa balas dalam laga pekan ke-31 BRI...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Andre Parmonangan P atau yang lebih dikenal Andre adalah seorang dokter dan content creator asal Indonesia yang lahir di...

Komentar