Sumenep Batik On The Sea 2019 di Pantai Slopeng Diwarnai Parade Layang-layang 

Foto: Bupati Sumenep A Busyro Karim saat menerbangkan layang-layang di acara Batik On The Sea 2019
1701
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep – Selain menampilkan sejumlah model kenamaan dengan aneka gaun anggun motif batik karya desainer Jawa Timur, pagelaran  Batik on The Sea Sumenep 2019 di Pantai Slopeng, Sabtu (27/7/2019) juga dimeriahlan parade layang - layang.

Tidak tanggung-tanggung, parade layang-layang yang ditampilkan di rangkaian event Visit Sumenep 2019 ini, bersama acara fashion competition, pameran batik dan photography competition, cukup memukau para pengunjung.

Ketua pelaksana kegiatan Batik On The Sea 2019, Sigit Tri Atmoko menyampaikan, eventt ahunan ini dalam upaya memperkenalkan keindahan pariwisata pantai yang digabungkan dengan keluhuran budaya batik.

“Untuk parade layang-layang ini juga berbahan dasar batik. Jadi, seni layang-layang itu sebagai sebuah permainan tradisional yang selama ini dikenal sebagai mainan yang syarat dengan kebudayaan,” kata Sigit Tri Atmoko ,selaku Ketua pelaksana kegiatan Batik On The Sea 2019.

Menurutnya, pada parade layang-layang ini akan menyajikan berbagai corak dan ragam baik 2 dimensi maupun 3 dimensi. 

“Ini sebagai sebuah bentuk event kebudayaan atau dapat disebut ritual tertentu di sebuah daerah,” jelasnya.

Ditambahkan, untuk peserta fashion competition juga akan menampilkan busana batik. Itu sebagai media guna membangun daya tarik pariwisata pantai yang sekaligus mengenalkan batik dari berbagai pengrajin.

Sementara Bupati Sumenep A Busyro Karim menyebut acara  Batik On The Sea itu digelar dalam upaya mempertahankan eksistensi dan meningkatkan industri batik untuk perekonomian masyarakat.

“Ini bagian perhatian pemerintah daerah supaya batik tidak tergerus perkembangan zaman, namun menjadi pakaian sehari-hari, sehingga konsep peragaan busana memakai pakaian batik itu sengaja mengkolaborasikan kultur dan tradisi masyarakat Sumenep,” kata Bupati Sumenep, A. Busyro Karim, di sela-sela pembukaan Batik On The Sea tahun 2019 di objek wisata Pantai Slopeng,.

Bupati menyatakan, pihaknya selain mengadakan lomba untuk melestarikan batik, juga memberlakukan pemakaian seragam batik kepada siswa sekolah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

“Pada hari-hari tertentu siswa berpakaian seragam sekolah batik Labang Mesem, sementara ASN setiap hari Selasa berpakaian batik Ganalan Billa Banten juga pada kegiatan lain berpakaian batik,” imbuhnya.

Ia berharap, momentum itu mampu memperkuat identitas daerah dan mengangkat citra batik khas Kabupaten Sumenep, supaya semakin populer di nusantara bahkan dunia internasional.

“Saya mengajak seluruh pihak ikut serta melestarikan dan mengembangkan batik Sumenep, salah satunya dengan cara memakai serta membeli produk batik Kabupaten Sumenep,” pungkas Bupati Busyro.

Sedangkan untuk Ketentuan Parade Layang-layang, sebahai berikut:

1. Diikuti oleh berbagai komunitas layang-layang di Madura

2. Jenis layang-layang 2 dimensi atau 3 dimensi berbahan dasar batik

3. Layang-layang dilepas di tepi pantai sesuai dengan waktu yang ditentukan

4. Setiap layang-layang yang dilepas terdiri dari 1 grup dengan 4 anggota penarik.

5. Parade layang-layang batik menandai pembukaan fashion show Batik On The Sea 2019.
(Ifa/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Surabaya- Akhir-akhir ini dunia dikejutkan dengan serangan Iran kepada Israel melalui ratusan rudal balistik dan drone. Sebagian...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Banjir yang melanda sebagian wilayah di kabupaten Lumajang, menjadi atensi bagi Kapolres Lumajang AKBP Mohammad Zainur...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Klakah Polres Lumajang Jawa Timur, terus berinovasi dalam rangka menjaga keamanan wilayah hukum yang ia...

MEMOonline.co.id, Jakarta- Sudah 3 (tiga) periode Kabupaten Bekasi berada di bawah kepemimpinan Dani Ramdan sebagai PJ Bupati Bekasi, namun...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Satresnarkoba Polres Lumajang berhasil mengamankan berinisial AR (39) yang hendak mengedarkan pil koplo, Rabu...

Komentar