Kunjungan Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia ke 'Tanoker' Jember Disambut Wakil Bupati 

Foto: wakil Dubes Australia untuk Indonesia didamping Wakil Bupati Jember
1305
ad

MEMOonline.co.id, Jember - Kunjungan Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Allaster Cox  ke Tanoker, di Desa Ledokombo, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, disambut Wakil Bupati Jember, Drs. KH. Abdul Muqit Arief, Jumat (19/7/2019).

Wakil Bupati Jember A Muqit Arief mengatakan, jika dalam kunjungannya Allaster Cox memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap kegiatan Tanoker, khususnya dalam membantu anak buruh migran yang ada di Desa Ledokombo.

Tidak hanya itu, wakil Dubes Australia untuk Indonesia juga mengapresiasi kegiatan Tanoker dalam mengatasi permasalahan buruh migran. 

"Allaster Cox juga sangat tertarik dengan budaya lokal yang dilestarikan di tempat ini. Pengenalan budaya lokal yang tetap dilestarikan dan menjadi ciri khas keindonesiaan," terang Wabup, yang didampingi Kepala Dinas Pariwisata Anas Maruf saat menerima kunjungan itu. 

Atas kunjungan tersebut, Wabup menyatakan akan semakin mengakrabkan komunikasi dengan Australia. 

Karena, banyak sekali program dari Australia yang sudah dilaksanakan di beberapa daerah, salah satunya di Jember 

"Beliau akan terus membangun komunikasi dengan kita. Sebab beliau sangat tertarik kepada hal-hal yang berkaitan dengan buruh migran," ungkap pria yang juga pengasuh Pondok Pesantren Al Falah Silo ini.

Dan menurut Wabup, Jember adalah salah satu sentra buruh migran. Terdapat beberapa daerah yang memang menjadi suplier buruh migran ke luar negeri. 

"Beliau sangat paham tentang hal yang berkaitan dengan buruh migran," paparnya.

Sementara Allaster Cox menyampaikan maksud kunjungannya ke Tanoker di Kecamatan Ledokombo adalah untuk melihat dan mengunjungi proyek yang dilakukan antara Indonesia dan Australia, khususnya yang ada di Jawa Timur. 

"Hari ini, ke Ledokombo untuk berkunjung ke Tanoker, untuk melihat bagaimana proyek Tanoker dilaksanakan dalam 15 tahun terakhir, dalam rangka mengembangkan suatu kesadaran mengenai kepentingan warisan tradisional sebagai lem untuk mengkukuhkan masyarakat disini," katanya.

Ia mengungkapkan, kedatangannya ke Jember untuk melihat contoh dari Tanoker, yang merupakan sesuatu yang sangat penting dalam melestarikan budaya lokal karena sekarang dunia menghadapi tantantangan globalisasi.

"Kami ingin mendukung kegiatan Tanoker, seperti enggrang, barisan tradisional, kegiatan ekonomi tradisional, dan bisnis kerajinan UMKM. Semua kegiatan ini penting untuk mengkukuhkan semangat masyarakat sebagai suatu yang penting untuk menghadapi masa depan dengan kepercayaan diri sendiri," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Allaster Cox juga menyatakan banyak orang yang menjadi imigran.

Karena itu, kepercayaan terhadap kehidupan sendiri bagi masyarakat setempat sangat penting. Hal ini yang didorong oleh Tanoker. 

"Dan, ini alasan saya berkunjungan kesini, dan lewat dari program-program kedutaan Australia, kami mendukung kegiatan ini, karena kegiatan ini berada di akar rumput. Kami menghargai kerajinan disini untuk membangun kepercayaan masyarakat dengan kegiatan lokal," pungkasnya.

Seperti diketahui, Tanoker merupakan kelompok masyarakat di Desa Ledokombo, Kecamatan Ledokombo, yang memberikan perhatian kepada anak buruh migran setempat dengan berbagai kegiatan seni, budaya, dan ekonomi lokal.

Kelompok ini bekerjasama dengan berbagai lembaga, diantaranya berasal dari Australia. (Mynto/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pelaksanaan Kalender Event yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Diaspora setempat,...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Ngatmini (50) warga Dusun Sriti Desa Sumber Urip Pronojiwo Lumajang, dievakuasi petugas gabungan TNI Polri dibantu warga...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ketua DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Abdul Hamid Ali Munir, mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan Ketua DPRD...

MEMOonline.co.id, Trenggalek- Bima Wahyu Syahputra atau yang lebih dikenal Bima adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id- Rasa cemas saya pun sulit untuk sekedar diredakan, apalagi hendak dihilangkan, atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) jika tidak...

Komentar