Soal Dugaan Penggelembungan Suara Caleg, Warga Pademawu Laporkan PPK, Panwascam dan KPU ke Bawaslu

Foto: warga pademawu saat laporan ke Bawaslu
750
ad

MEMOonline.co.id, Pamekasan - Kasus penggelembungan surat suara di daerah pemilihan (dapil) 5, khususnya Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, berbuntut panjang.

Pasalnya, puluhan warga setempat melakukan pelaporan tindakan pelanggaran pemilu yang dilakukan pihak penyelenggar dan adanya dugaan pembiaran dari pengawas pemilu, Senin (20/5/2019).

Dugaan kecurangan angka yang dilakukan penyelenggara pemilu dari DAA1 ke D1 berubah. Sehingga, rekapitulasi tingkat Kabupaten, DB1 mengikuti data D1 yang diduga dirubah PPK Pademawu.

"Perubahan angka. Dari C1 ke DAA1 itu tidak ada perubahan. Namun, dari DAA1 ke D1 berubah, sehingga DB1 mengikuti data D1," kata Indra X, koordinator pelapor.

Indra X menegaskan bahwa, dirinya melakukan pelaporan ke Bawaslu Pamekasan itu bukan bagian dari partai politik (parpol), melainkan murni dari masyarakat Pademawu.

"Kami murni masyarakat Pademawu, tanpa adanya tintah dan perintah parpol," tegasnya.

Lebih lanjut, kata dia, dirinya bersama puluhan warga lainnya itu datang ke Bawaslu melaporkan PPK, Panwasca dan KPUD.

Menurutnya, PPK dilaporkan lantaran memalsukan data atau merubah surat suara. Sementara Panwascam, kata dia, diduga adanya pembiaran atau main mata dengan PPK.

"Yang dilaporkan PPK, Panwascan dan KPUD. Data-data kami sudah lengkap, tinggal menunggu hasil dari Bawaslu," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pamekasan, Abdullah Saidi berjanji akan segera menindak laporan tersebut, dengan syarat bukti-bukti lengkap.

"Iya ini masih nunggu berkas yang dari saksi, setelah itu kami proses," ucap Saidi. (Faisol/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Lumajang - Kuasa Hukum 'AM', Mahmud SH meminta pihak Polres...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Timur - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19...

MEMOonline.co.id, Pamekasan - Pengukuhan 280 Kepala Sekolah yang terdiri dari Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Kepala Sekolah Menengah...

MEMOonline.co.id, Bangkalan - Stok darah di PMI Bangkalan saat ini cukup...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Unit Reserse Mobil (Resmob) Polres Sumenep berhasil melakukan penangkapan terhadap seorang pria...

Komentar