Soal Dugaan Penggelembungan Suara Caleg, Warga Pademawu Laporkan PPK, Panwascam dan KPU ke Bawaslu

Foto: warga pademawu saat laporan ke Bawaslu
480
ad

MEMOonline.co.id, Pamekasan - Kasus penggelembungan surat suara di daerah pemilihan (dapil) 5, khususnya Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, berbuntut panjang.

Pasalnya, puluhan warga setempat melakukan pelaporan tindakan pelanggaran pemilu yang dilakukan pihak penyelenggar dan adanya dugaan pembiaran dari pengawas pemilu, Senin (20/5/2019).

Dugaan kecurangan angka yang dilakukan penyelenggara pemilu dari DAA1 ke D1 berubah. Sehingga, rekapitulasi tingkat Kabupaten, DB1 mengikuti data D1 yang diduga dirubah PPK Pademawu.

"Perubahan angka. Dari C1 ke DAA1 itu tidak ada perubahan. Namun, dari DAA1 ke D1 berubah, sehingga DB1 mengikuti data D1," kata Indra X, koordinator pelapor.

Indra X menegaskan bahwa, dirinya melakukan pelaporan ke Bawaslu Pamekasan itu bukan bagian dari partai politik (parpol), melainkan murni dari masyarakat Pademawu.

"Kami murni masyarakat Pademawu, tanpa adanya tintah dan perintah parpol," tegasnya.

Lebih lanjut, kata dia, dirinya bersama puluhan warga lainnya itu datang ke Bawaslu melaporkan PPK, Panwasca dan KPUD.

Menurutnya, PPK dilaporkan lantaran memalsukan data atau merubah surat suara. Sementara Panwascam, kata dia, diduga adanya pembiaran atau main mata dengan PPK.

"Yang dilaporkan PPK, Panwascan dan KPUD. Data-data kami sudah lengkap, tinggal menunggu hasil dari Bawaslu," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Pamekasan, Abdullah Saidi berjanji akan segera menindak laporan tersebut, dengan syarat bukti-bukti lengkap.

"Iya ini masih nunggu berkas yang dari saksi, setelah itu kami proses," ucap Saidi. (Faisol/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id.Jember-,Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur menggelar Antirogo Fashion Carnaval (AFC)...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Berlokasi di area Kompleks Perkantoran Pemda Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kapolda...

MEMOonline.co.id, Lumajang - Kolonel Inf Zainuddin, Danrem 083/Baladhika Jaya Malang, bersilaturomi ke Makodim 0821...

MEMOonline.co.id, Lumajang - Agus Wicaksono, pria yang akrab disapa Agus Yuda, mantan Ketua DPRD Kabupaten Lumajang periode 2014 -...

MEMOonline.co.id.Jember-.Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa...

Komentar