Semarakkan Ramadhan, Dispar Kabupaten Bekasi Gelar Festival Kuliner

Foto: Waryanto, Kasie Peningkatan SDM Kelembagaan pada Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi
911
ad

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Timur - Berlokasi di Taman Sehati Komplek Stadion Wibawa Mukti-Cikarang Timur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi melalui Dinas Pariwisata menggelar Festival Kuliner Ramadhan 1440 H/ 2019 M.

Acara yang akan berlangsung selama 5 hari, yakni dari 15 - 19 Mei 2019 ini, diadakan dalam rangka mendukung tumbuh kembangnya bisnis para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Bekasi.

Kasie Peningkatan SDM Kelembagaan pada Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi, Waryanto, mengatakan bahwa dalam Festival Kuliner Ramadhan akan disajikan berbagai makanan dan masakan khas tradisional Kabupaten Bekasi.

"Festival Kuliner Ramadhan kali ini merupakan kegiatan yang akan menjajakan makanan khas Kabupaten Bekasi seperti gabus pucung, dongkal, serta jajanan lokal lainnya yang dibuat oleh masyarakat setempat," ucapnya.

Selain bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung, mengenal dan mencicipi ragam kuliner yang ada di Kabupaten Bekasi, jelas Waryanto, Festival ini juga diharapkan dapat memacu perkembangan kreatifitas kuliner, disamping memperkenalkan dan mempromosikan hasil kuliner yang ada di Kabupaten Bekasi.

"Sambil menunggu waktu berbuka puasa, masyarakat juga dapat menyaksikan beragam hiburan dan atraksi dari hasil karya anak-anak Kabupaten Bekasi,"ujarnya.

Selama kegiatan ini berlangsung, lanjut Waryanto, masyarakat bisa juga berburu berbagai macam takjil (makanan berbuka puasa) di kurang lebih 50-60 stan yang ada.

Waryanto menambahkan, selain menyajikan ragam kuliner, akan diadakan lomba memasak makanan khas Kabupaten Bekasi yakni Gabus Pucung.

“Lomba masak Gabus Pucung pelaksanaannya dihari ketiga setelah lomba Bedug,"jelasnya.

Khusus peserta lomba memasak, menurut panitia, sudah lebih dari 35 orang. Mereka mulai memasak pukul 14.00 WIB hingga harus rampung sebelum Maghrib untuk kemudian dinilai oleh tim juri.

Penyelenggara lomba masak Gabus Pucung ini, beber Waryanto, akan melibatkan chef (koki) dari sebuah hotel yang ada di Kabupaten Bekasi, dengan harapan hasil masakan pemenangnya, bisa diangkat sebagai salah satu menu makanan di hotel tersebut.

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi buat semua pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Bekasi untuk lebih berkarya dan bersaing dengan daerah lain,” tuntasnya. (Bam/Diens).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jember- Bupati Jember Hendy Siswanto melaksanakan program Jember Bershodaqoh (J-Bershodaqoh) di Kecamatan Balung yang meliputi 8...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, membagikan ilmu jurnalistik kepada puluhan...

MEMOonline.co.id, Padang- Hafiz Rahman Hakim atau yang lebih dikenal Hafiz adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pembangunan Kantor baru gedung DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang peletakan batu pertamanya dilkukan pada 21 Agustus...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ramadhan berkah, Serikat Media siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Sumenep berbagi takjil puasa untuk para abang becak dan...

Komentar