Meresahkan Warga, Bank Emok’ Ternyata Bukan Koperasi Simpan Pinjam

Foto: Ilustrasi Google
5990
ad

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - ‘Bank Emok’ (Rentenir) atau sering juga disebut tengkulak (terutama di pedesaan) adalah orang yang memberi pinjaman uang tidak resmi atau resmi dengan bunga tinggi. Biasanya pinjaman ini tidak diberikan melalui badan resmi, misalnya Bank dan bila tidak dibayar akan dipermalukan atau ditagih dengan cara kekerasan.

Menurut Kepala Bidang Koperasi pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi, Paisal Panani, bahwa Pemerintah Kabupaten Bekasi telah mengeluarkan Surat Edaran terkait keberadaan ‘Bank Emok’ (Rentenir) yang saat ini sedang marak ditengah masyarakat khususnya diwilayah Kabupaten Bekasi.

"Yang jelas praktek Bank Emok itu sangat merugikan masyarakat dan illegal keberadaannya,"ucapnya. 

Paisal menjelaskan bahwa Bank Emok (Rentenir) itu pola kerjanya tidak sama dengan Koperasi. Artinya modal Bank Emok itu berasal dari kantong pribadi dan tidak terdaftar dalam keanggotaan di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bekasi.

Bahkan, tambah Paisal, pihaknya sudah mensosialisasikan edaran yang ditanda tangani oleh Plt. Bupati Bekasi. Dimana dalam Surat Edaran tersebut melarang segala praktek Bank Emok di masyarakat yang dianggap merugikan.

"Kalau dia (Bank Emok-red) terdaftar resmi keanggotaanya, kita bisa melacak. Tetapi karena ini tidak jelas maka sangat sulit dilacak,”ujarnya.

Yang namanya lembaga Koperasi itu tidak bisa sembarangan memberi pinjaman kepada pihak luar (masyarakat-red), kecuali kepada angggota sendiri yang tercatat dalam kepengurusan dan ada rapat kerjanya juga,"lanjutnya.

Paisal mengaku banyak menerima laporan pengaduan dari masyarakat maupun anggota Koperasi, terkait praktek Bank Emok yang beroperasi ditengah masyarakat.

"Kita berharap kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan, apabila ada tawaran pinjaman uang yang bukan berasal dari lembaga resmi,"pungkas Paisal. (Bam/Diens).

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Komisi I DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, meminta Pemerintah Daerah setempat, mengusulkan lebih banyak Kuota CPNS dan...

MEMOonline.co.id- “Emergency! Sangat penting.” Itulah pesan saya terima dari asisten. Ia menyela meeting saya hari...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah digelar acara halal bihalal dan silaturahmi bersama jajaran...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Yosowilangun Polres Lumajang, perketat penjagaan di pintu masuk wisata pantai Mbah Drajid Desa Wotgalih...

MEMOonline.co.id, Kalimantan Timur - Madura United sebagai tim tamu melibas tuan rumah Borneo FC dengan 4 gol tanpa balas dalam laga pekan ke-31 BRI...

Komentar