Ketua DPR Target Pembahasan Raperda Selesai Sebelum Masa Jabatan Anggota Periode 2014-2019 Berakhir 

Foto: Herman Dali Kusuma, Ketua DPRD Sumenep
1390
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang hingga kini belum tuntas, ditarget selesai sebelum masa jabatan anggota DPRD Sumenep Periode 2014-2019 berakhir.

"Kami berupaya semaksimal mungkin sebelum masa jabatan berakhir, semua Raperda selesai. Kami tidak ingin menyisakan masalah bagi anggota DPRD yang baru," kata H. Herman Dali Kusuma, Ketua DPRD Sumenep, Jum'at (10/5/2019).

Menurutnya, masih terdapat 16 Raperda yang masuk dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (Properda) 2019.

Dengan rincian delapan Raperda merupakan inisiatif dari legislatif, sedangkan delapan sisanya merupakan prakarsa eksekutif.

Raperda inisiatif legislatif, antara lain, raperda tentang penyusunan pedoman laporan kepala daerah, pengelolaan milik daerah, perlindungan dan pemberdayaan nelayan, dan penataan drainase perkotaan.

Selain itu, ada juga raperda tentang penyelenggaraan jalan, pelayanan ketenagakerjaan, penanggulangan kemiskinan dan penyelenggaraan perpustakaan.

Sementara delapan raperda usulan eksekutif, diantaranya raperda tentang peraturan desa, rencana detail tata ruang wilayah perkotaan Bluto, Saronggi, Pragaan Tahun 2018-2038, dan raperda cadangan pangan Pemkab Sumenep.

Selain itu raperda tentang perda Nomor 16 Tahun 2018 tentang retribusi jasa umum dan tentang kepemudaan, pertanggungbjawaban pelaksanaan APBD Tahun anggaran 2018 dan perubahan APBD Tahun 2010, dan terakhir raperda APBD Tahun anggaran 2020.

Tidak hanya itu lanjut Herman, DPRD juga akan menyelesaikan pembahasan Raperda sisa tahun 2018. "Semuanya pasti kami selesaikan," tegasnya.

Saat ini yang tengah dilakukan pembahasan adalah Raperda tentang desa. Sebab, Raperda tersebut dinilai sangat urgen mengingat tahun ini di Sumenep akan menggelar Pemilihan Kepala Desa serentak.

"Nah, kalau kalau ini tidak selesai nanti mau gimana, jadi harus selesai," tegasnya. (Ita/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Potret kurang matangnya tata kelola kesenian di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadi pengantar diskusi hangat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar rapat paripurna dengan acara nota penjelasan bupati...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah dijadikan momentum untuk berbagi rasa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

Komentar