Diguncang Gempa 4,9 SR, Satu Peserta UNBK di Sumenep Terluka

Foto: Salah seorang siswa peserta UNBK di SMA Al Fanisa yang terluka akibat gempa
284
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep – Gempa bumi berkekuatan 4,9 SR yang mengguncang sebagian wilayah di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (2/4/2019), mengakibatkan seorang siswa peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kecamatan/kepulauan Raas, terluka .

Bahkan akibat peristiwa tersebut, salah seorang siswa sekolah menegah atas di Raas, harus dilarikan ke Puskesmas setempat.

Sebagaimana informasi yang dihimpun media ini di lapangan, salah seorang siswa yang terluka akibat gempa diketahui bernama Imran, salah satu siswa kelas akhir SMA Al-Fanisa, Desa Brakas.

Sebab saat kejadian gempa yang kedua, sekitar pukul 08.20, ia bersama teman-temannya sedang mengerjakan soal Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Di tengah-tengah mengerjakan soal, ternyata ada gempa yang menyebabkan sebagian keramik dinding sekolah runtuh. Nah, karena panik, para siswa langsung ke luar ruang. Salah satunya (Imran) tersandung reruntuhan keramik. Sehingga kakinya luka,” kata Ramse,  salah seorang guru SMA Al-Fanisa, pada media ini.

Menurutnya, selain menyebabkan seorang siswa terluka, bangunan sekolah tersebut banyak yang retak. Bahkan sebagian plafonnya berjatuhan.

“Harapan kami, semoga tidak terjadi gempa susulan,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan rilis BMKG, episenter gempa bumi pagi tadi terletak pada koordinat 7,22 LS dan 114,56 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km arah tenggara, Kabupaten Sumenep pada kedalaman 5 km.

Dengan melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal yang diperkirakan akibat aktivitas sesar aktif. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault). (Eva/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id.Jember-,Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur menggelar Antirogo Fashion Carnaval (AFC)...

MEMOonline.co.id, Bekasi - Cikarang Pusat - Berlokasi di area Kompleks Perkantoran Pemda Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kapolda...

MEMOonline.co.id, Lumajang - Kolonel Inf Zainuddin, Danrem 083/Baladhika Jaya Malang, bersilaturomi ke Makodim 0821...

MEMOonline.co.id, Lumajang - Agus Wicaksono, pria yang akrab disapa Agus Yuda, mantan Ketua DPRD Kabupaten Lumajang periode 2014 -...

MEMOonline.co.id.Jember-.Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa...

Komentar