Berkat KKKS EML, Warga Pagarbatu Saronggi Nikmati Air Bersih

Foto: bantuan air bersih dari KKkS EML
839
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep – Sebagai wujud komitmen sosial kemasyarakatannya di wilayah operasi, Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Energi Mineral Langgeng (EML) membangun tandon air bersih untuk warga Dusun Nangger, Desa Pagarbatu, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep.

Mulai awal tahun ini, perusahaan yang masih berstatus KKKS Eksplorasi itu selesai membangun tandon air bersih, yang diprediksi mampu mencukupi kebutuhan air bersih sekitar 40 keluarga penerima manfaat.

"Ada sekitar 40 keluarga yang menjadi penerima manfaat dari bantuan tandon air bersih tersebut. Lokasinya di rumah Pak Abd Gani, salah satu warga Dusun Nangger," kata Public Relation Coordinator PT EML Nur Hidayat, Senin (25/3/2019).

Pembangunan tandon air itu dilaksanakan sejak November 2018 lalu. "Kami tambahkan volume tandon menjadi 3.000 liter agar bisa menampung lebih banyak air," imbuh Hidayat.

Sebenarnya, tandor air bersih di rumah warga itu sudah ada sejak lama. Hanya saja, kapasitasnya kecil, dan bentuknya masih sangat sederhana. "Bahannya dari drum bekas isi sekitar 300 liter, swadaya kami. Alhamdulillah, PT EML berkenan membantu untuk pembangunan tandon yang lebih besar," kata Abd Gani.

Gani menuturkan, sebelum ada bantuan dari PT EML, tandon air di rumahnya harus diisi sebanyak lima kali dalam sehari. "Sekarang cukup diisi sekali dan airnya bisa dimanfaatkan seharian," ujarnya.

Kepala Desa Pagarbatu Zaipandi menyampaikan terima kasih atas bantuan tandor air dari PT EML. Pihaknya mengungkapkan, tandon air tersebut sangat bermanfaat dalam penyediaan air bersih dan air minum. Khususnya untuk masyarakat di wilayah Pesisir. "Wilayah pesisir kami airnya payau, jadi tidak bisa diminum," kata Zaipandi.

Pria yang aktif berwirausaha ini berharap, suatu saat tandon air tersebut dapat dilengkapi jaringan pipa yang bisa disalurkan langsung ke rumah warga yang tinggal di kawasan pesisir. "Jika bisa dialirkan melalui pipa, maka masyarakat wilayah pesisir tidak perlu terlalu jauh naik ke atas (wilayah Dusun Nangger, red) seperti sekarang," imbuhnya. (*)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Pelaksanaan Kalender Event yang digelar Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Diaspora setempat,...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Ngatmini (50) warga Dusun Sriti Desa Sumber Urip Pronojiwo Lumajang, dievakuasi petugas gabungan TNI Polri dibantu warga...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Ketua DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, Abdul Hamid Ali Munir, mengajak seluruh masyarakat memanfaatkan Ketua DPRD...

MEMOonline.co.id, Trenggalek- Bima Wahyu Syahputra atau yang lebih dikenal Bima adalah seorang travel content creator asal Indonesia yang lahir di...

MEMOonline.co.id- Rasa cemas saya pun sulit untuk sekedar diredakan, apalagi hendak dihilangkan, atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) jika tidak...

Komentar