Sesuai Surat Menteri Keuangan, Honor KPPS di Pemilu 2019 Hanya Rp 500 Ribu Per Orang

Foto: Ketua KPU Sumenep A Warits
35379
ad

MEMOonline.co.id, Sumenep - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur membuka rekrutmen petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2019.

Pada pemilu mendatang, KPU membutuhkan sebanyak 30.205 anggota KPPS. Mereka akan ditempatkan di 4.315 Tempat Pemungutan Suara (TPS), dengan jumlah anggota 7 orang di masing-masing TPS. 

"Untuk pendaftaran lansung ke Sekret PPS dimasing-masing Desa," kata Abd. Waris, Katua KPU Sumenep, Selasa (12/3/2019).

Menurutnya, pendaftaran telah dimulai sejak 28 Februari 2019 hingga hari ini, 12 Maret 2019. Ada pun  persyaratan untuk mendaftar KPPS, antara lain berusia minimal 17 tahun, berdomisili di wilayah KPPS dan bersih dari narkoba.

Termasuk juga tidak punya ikatan keluarga dengan penyelenggara lain, bukan pengurus partai, bukan tim kampanye, bukan mantan napi diatas 5 tahun, dan ijizah mininal SMA sederajat.

"Hari ini pendaftaran terakhir," ungkapnya.

Pemilu kali ini berbeda dengan Pemilu 2014 lalu, karena selain akan memilih Anggota DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan DPD, juga akan dilakukan pemilihan Presiden-Wakil Presdien.

Sementara honorer KPPS tidak jauh beda dengan honor yang diterima pada Pemilu lima tahun lalu. "Ya sekitar Rp 500 ribu per orang," jelasnya.

Besaran honor KPPS kata Waris disesuaikan dengan Surat Menteri Keuangan (Menkeu) Nomor S-118/MK.02/2016 tentang Penetapan Standar Biaya Honorarium Tahapan Pemilu Anggota DPR, DPD, DPRD, Presiden, dan Wakil Presiden, serta Tahapan Pemilihan Umum Gubernur/Bupati/Wali Kota Serentak.

"Jadi, untuk besaran honor itu sudah diatur, kami hanya menjalankan saja," tegasnya. (Ita/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id- Rasa cemas saya pun sulit untuk sekedar diredakan, apalagi hendak dihilangkan, atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) jika tidak...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Komisi I DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur, meminta Pemerintah Daerah setempat, mengusulkan lebih banyak Kuota CPNS dan...

MEMOonline.co.id- “Emergency! Sangat penting.” Itulah pesan saya terima dari asisten. Ia menyela meeting saya hari...

MEMOonline.co.id, Jember- Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah digelar acara halal bihalal dan silaturahmi bersama jajaran...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Kepolisian Sektor Yosowilangun Polres Lumajang, perketat penjagaan di pintu masuk wisata pantai Mbah Drajid Desa Wotgalih...

Komentar