Ketua RT Desa Gunung Malang Beri Kesaksian Kondisi Keluarga Wanita Tuna Netra

Foto: Kunjungan Satgas TMMD ke 104 ke rumah Bu tipah di Jember
96
ad

MEMOonline.co.id, Jember - Bu Siri, ketua Rukun Tetangga (RT) Desa Gunungmalang, Sumberjambe, Jember, memberikan kesaksian tentang kondisi keluarga Bu Tipa, wanita Tuna Netra yang rumhanya di bedah oleh Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 104 bersama Kodim 0824 Jember.

"Sebelum rumahnya Bu Tipa dibedah, tempat tidur dan masaknya bercampur menjadi satu," kata Bu Siri, Selasa (12/3/2019).

Siri menjelaskan, rumahnya yang dibedah sebelumnya bermodel separuh tembok dan separuhnya menggunakan gedek. Jaka hujan datang, atapnya sering bocor, sehingga perabotan beserta baju-bajunya basah.

Dikatakan Bu Siri, pekerjaan sehari-hari Bu Tipa merupakan buruh serabutan, kadang kesawah kadang pula oleh orang-orang disuruh bersih-bersih rumah.

"Jika Pa Jalan diberi nasik oleh tetangga yang menyuruhnya itu dibawa pulang untuk dimakan berdua bersama Bu Tipa,"ujarnya.

Katanya, Bu Tipa dan Pa Jalan (suaminya) saat berkeluarga dikaruniai tiga orang anak.

Anak pertamanya bernama Halima sudah meninggal dunia sejak lama, anak yang kedua bernama Tallib, ia kerja di Sumatra, kemudian pindah ke bali, ia tidak pernah pulang.

Selain itu anaknya bernama Misla yang tinggal di Banyuangi, sema persis dengan anaknya yang kedua juga tidak pernah pulang.

Dalam keseharianya, untuk baju-bajunya yang kotor ia nyuci sendiri dibelakang rumahnya, walau berjalan mengenakan tongkat.

"Bu Tipa mengalimi Tuna Netra kurang lebih sudah sejak 10 tahun, awalnya ia tidak menderita penyakit rabun. Entah mengapa sebabnya ia mengalami nasib demikian," bebernya.

Sari menjelskan, jika Bu Tipa dan Pa Jalan sakit biasanya yang merawat adalah tetangganya dan saudar-saudara terdekatnya. (Inul/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Jakarta - Istri cawapres Sandiaga Uno, Nur Asia Uno, menanggapi santai mendengar sang suami dilamar seorang mahasiswi saat...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Ratusan Santri dan Alumni Pesantren se-Madura menggelar bakti sosial (Baksos). Acara itu dilaksanakan usai acara...

MEMOonline.co.id, Sumenep - Kiai muda dan Alumni Pesantren se-Madura menggelar deklarasi dukungan terhadap pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden...

MEMOonline.co.id, Makassat – Motif melompatnya dua gadis belia, yakni Wahyuni (21), dan Sarah (16), dari lantai 3 Home Stay B17, Makassar, yang...

MEMOonline.co.id, Surabaya - Tak dapat dipungkiri, ternyata keberadaan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di Jawa...

Komentar