Ketua RT Desa Gunung Malang Beri Kesaksian Kondisi Keluarga Wanita Tuna Netra

Foto: Kunjungan Satgas TMMD ke 104 ke rumah Bu tipah di Jember
1180
ad

MEMOonline.co.id, Jember - Bu Siri, ketua Rukun Tetangga (RT) Desa Gunungmalang, Sumberjambe, Jember, memberikan kesaksian tentang kondisi keluarga Bu Tipa, wanita Tuna Netra yang rumhanya di bedah oleh Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 104 bersama Kodim 0824 Jember.

"Sebelum rumahnya Bu Tipa dibedah, tempat tidur dan masaknya bercampur menjadi satu," kata Bu Siri, Selasa (12/3/2019).

Siri menjelaskan, rumahnya yang dibedah sebelumnya bermodel separuh tembok dan separuhnya menggunakan gedek. Jaka hujan datang, atapnya sering bocor, sehingga perabotan beserta baju-bajunya basah.

Dikatakan Bu Siri, pekerjaan sehari-hari Bu Tipa merupakan buruh serabutan, kadang kesawah kadang pula oleh orang-orang disuruh bersih-bersih rumah.

"Jika Pa Jalan diberi nasik oleh tetangga yang menyuruhnya itu dibawa pulang untuk dimakan berdua bersama Bu Tipa,"ujarnya.

Katanya, Bu Tipa dan Pa Jalan (suaminya) saat berkeluarga dikaruniai tiga orang anak.

Anak pertamanya bernama Halima sudah meninggal dunia sejak lama, anak yang kedua bernama Tallib, ia kerja di Sumatra, kemudian pindah ke bali, ia tidak pernah pulang.

Selain itu anaknya bernama Misla yang tinggal di Banyuangi, sema persis dengan anaknya yang kedua juga tidak pernah pulang.

Dalam keseharianya, untuk baju-bajunya yang kotor ia nyuci sendiri dibelakang rumahnya, walau berjalan mengenakan tongkat.

"Bu Tipa mengalimi Tuna Netra kurang lebih sudah sejak 10 tahun, awalnya ia tidak menderita penyakit rabun. Entah mengapa sebabnya ia mengalami nasib demikian," bebernya.

Sari menjelskan, jika Bu Tipa dan Pa Jalan sakit biasanya yang merawat adalah tetangganya dan saudar-saudara terdekatnya. (Inul/diens)

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

MEMOonline.co.id, Sumenep- Gara - gara bantaran sebuah sungai yang ada di Desa Kebonagung, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur...

MEMOonline.co.id, Lumajang- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, resmi mengoperasikan sarana WiFi Publik di seputaran Alun - Alun...

MEMOonline.co.id, Sampang- M Inisial, seorang mucikari asal desa Taddan, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur ditangkap jajaran...

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

Komentar