Peduli Warga, Geng Wahyudi Galang Dana Mobil Sampah Lewat Jaranan

Foto: Moch. Geng Wahyudi, SH, MHum memberikan sambutan saat pentas jaranan di Desa Blayu, Kec. Wajak.
898
ad

MEMOonline.co.id, Malang - Moch. Geng Wahyudi, SH, MHum punya kepedulian sosial yang "unik". Tokoh publik di Malang Raya itu memelopori penggalangan dana untuk pengadaan mobil sampah melalui kesenian jaranan.

Politisi yang memimpin belasan ormas di Malang Raya itu berobsesi menghadirkan mobil pengangkut sampah di Desa Blayu, Kecamatan Wajak, Kabupaten Malang. Jum'at (1/2/2019) malam.

Pak Geng, demikian sapaan akrab politisi Nasdem itu, mendatangkan grup kesenian jaranan "Ngingitan Songgoroto" ke Desa Blayu, di Kecamatan Wajak. Grup kesenian jaranan pimpinan Usman itu berasal dari Desa Kidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang belahan timur.

Pergelaran kesenian akhir pekan kemarin itu melibatkan Kawula Muda Desa Blayu Wajak. Hadir dalam acara itu selain Pak Geng juga Camat, Kapolsek dan Danramil Wajak. Mereka membaur dengan Kades Blayu beserta perangkatnya, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan sejumlah figur publik di Malang Raya.

"Ke depan, dengan hadirnya mobil sampah, bisa mengelola sampah menjadi barang berharga dan memanfaatkan bagaimana bisa menjadi duit untuk kesejahteraan lingkungan di desa ini," pesan Geng Wahyudi saat memberikan sambutan.

Menurut Ketua Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Kejuangan (DHC BPK) Angkatan '45 Kabupaten Malang itu, ada beberapa jenis sampah yang bisa didaur ulang dan bisa menjadi bahan baku untuk berbagai macam produk kerajinan.

"Hal itu bisa dilakukan oleh masyarakat di Desa Blayu ini," lanjut caleg DPR RI di Dapil Malang Raya, dari Partai Nasdem nomor urut 5 itu.

Perihal pementasan kesenian jaranan, menurut Pendiri dan Ketua Umum "Lembaga Supremasi Media Indonesia" (LASMI) itu, merupakan wujud konkret dari gerakan merawat kesenian asli Indonesia.

Harus terus dijaga, dilestarikan, dan menjadi hiburan masyarakat. Selain itu juga bisa dimanfaatkan untuk penggalangan dana. Seperti penggalangan dana untuk mobil sampah. (Risma/diens)

 

ad
THIS IS AN OPTIONAL

Technology

Bersama ini saya ijin menyampaikan keluhan masyarakat sekitar pasar induk Cibitung Kabupaten Bekasi, bahwa sudah lebih dari 3 bulan sampah di...

MEMOonline.co.id, Kota Bekasi- Silaturahmi Pemerintah Kota Bekasi bersama para insan pers di Pendopo Walikota Bekasi diawali dengan acara buka puasa...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Potret kurang matangnya tata kelola kesenian di Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur menjadi pengantar diskusi hangat...

MEMOonline.co.id, Sampang- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar rapat paripurna dengan acara nota penjelasan bupati...

MEMOonline.co.id, Sumenep- Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah dijadikan momentum untuk berbagi rasa oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten...

Komentar